Malaysia Berlakukan Lockdown Total Mulai Hari Ini

- 1 Juni 2021, 11:26 WIB
Malaysia Lockdown 1-14 Juni 2021.
Malaysia Lockdown 1-14 Juni 2021. /Pixabay/Pexels

BERITA SUBANG -Perdana Menteri Tan Sri Muhyiddin Yassin mengumumkan, pemerintahannya bakal menggelontorkan bantuan senilai 40 miliar ringgit Malaysia atau Rp138 triliun lebih untuk membantu mengatasi dampak lockdown selama dua pekan ke depan.

Malaysia resmi memulai karantina atau lockdown total pada hari ini Selasa 1 Juni 2021, menyusul lonjakan kasus infeksi Covid-19 di negara itu. Karantina wilayah secara ketat itu bakal berlangsung sampai 14 Juni.

Pengumuman terkait bantuan tersebut disampaikan langsung oleh Muhyiddin melalui televisi nasional setempat, di samping lewat media sosial.Dia mengatakan, sebanyak 5 miliar ringgit dari bantuan itu akan disuntikkan langsung ke fiskal.

Baca Juga: Thailand Teliti Darah Biawak Jadi Obat Covid-19 dan Kanker

Suntikan langsung fiskal sebanyak 5 miliar ringgit itu melibatkan 12 inisiatif yang akan dilaksanakan berlandaskan tiga kepentingan utama, yakni meningkatkan kapasitas kesehatan umum, meneruskan program pemerintah yang disebut agenda prihatin rakyat, dan menyokong kelangsungan perekonomian.

Paket bantuan yang dinamakan Pemerkasa Plus itu, menurut Muhyiddin, akan memperkuat sistem perawatan kesehatan, melanjutkan program kesejahteraan sebelumnya, dan membantu bisnis mengatasi dampak penguncian.

Dia berjanji untuk menyeimbangkan kehidupan dan mata pencarian masyarakat.

PM Malaysia juga mengungkapkan, terdapat tambahan 1 miliar ringgit dalam pengeluaran perawatan kesehatan; memperpanjang subsidi gaji untuk satu bulan lagi, dan moratorium pinjaman yang diberikan sejak tahun lalu, ketika negara itu ditempatkan di bawah kebijakan Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) 1.0.***

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x