14 hari Nol Kasus Pasien Positif Covid-19, PSBB di Negara Ini Perlu Ditiru

- 1 Februari 2021, 09:03 WIB
Setelah Tertunda, Tim WHO Tiba di Wuhan Untuk Menyelidiki Asal-Usul Pandemi Covid-19
Setelah Tertunda, Tim WHO Tiba di Wuhan Untuk Menyelidiki Asal-Usul Pandemi Covid-19 /Twitter @pksinghcit

BERITA SUBANG - New South Wales (NSW) sukses menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk membendung penyebaran wabah virus corona. Negara bagian Australia ini melaporkan dalam 14 hari, tidak mencatat penambahan kasus baru pasien positif Covid-19 alias nol kasus.

Menariknya lagi, pihak NSW Health saat ini hanya menangani 49 kasus Covid-19. Tidak ada yang berada dalam perawatan intensif.

Selain itu, sebagian besar kasus atau 96 persen dirawat di perawatan non-akut, di luar rumah sakit, termasuk pelancong yang kembali di akomodasi kesehatan khusus.

Angka pengujian Di NSW terbilang rendah yakni 8.811 yang dilaporkan dalam 24 jam hingga Sabtu 30 Januari 2021 pukul 20.00 waktu setempat. Pengujian menurun dari satu hari sebelumnya sebanyak 10.504.

NSW Health mengatakan, tingkat pengujian yang rendah menjadi perhatian pemerintah. Dalam pernyataannya, NSW Health menyatakan, bahwa dengan pembatasan pertemuan yang mereda di Greater Sydney. Lebih penting lagi bagi orang-orang untuk tetap waspada terhadap tanda atau gejala yang dapat mengindikasikan Covid-19.

Baca Juga: PPKM Tidak Efektif, Presiden Jokowi Kecewa dan Minta Jajarannya Sigap di Lapangan

"Sementara NSW sekarang telah melihat 14 hari tanpa kasus Covid-19 yang diketahui secara lokal, virus mungkin masih beredar di komunitas di antara orang-orang dengan gejala ringan atau tanpa gejala," kata NSW Health dalam sebuah pernyataan seperti dikutip laman Sydney Morning Herald, Minggu 31 Januari 2021.

"Kami sebelumnya telah melihat hari-hari berturut-turut tidak ada kasus lokal, hanya untuk melihat kasus muncul kembali," bunyi pernyataan itu.

Terdapat tiga kasus positif baru yang terdeteksi pada orang yang baru kembali dari luar negeri dan telah dikarantina. Sehingga, jumlah total kasus Covid-19 di NSW sejak awal pandemi menjadi 4.915 kasus.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x