Proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung Pekerjakan Tenaga Ahli Pengelasan China

- 9 Februari 2022, 09:55 WIB
Kereta Cepat Jakarta Bandung direncanakan beroperasi pada Juni 2023.
Kereta Cepat Jakarta Bandung direncanakan beroperasi pada Juni 2023. / screenshoot YouTube sekretariat presiden/

BERITA SUBANG - Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Kementerian PPN/Bappenas, Pungky Sumadi mengatakan, sejumlah proyek besar di Indonesia masih menggunakan tenaga kerja asing (TKA), termasuk Proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung.

Proyek yang merupakan kerjasama antara BUMN Indonesia dengan konsorsium perusahaan asal China, saat ini mempekerjakan tenaga ahli pengelasan dari China.

"Awalnya agak membingungkan.Tapi saat mengunjungi proyek, tukang las rel itu masih didatangkan dari Tiongkok," kata Pungky dalam rapat Panja Pengawasan Tenaga Kerja Asing, dengan Komisi IX DPR RI, Selasa 8 Februari 2022.

Baca Juga: Cafe Holywings Bogor dibuka Dengan Konsep Family Friendly

Hal itu dikarenakan, tenaga kerja Indonesia belum memiliki keahlian untuk melakukan pengelasan dengan teknik yang tinggi dan menggunakan alat-alat yang terhitung canggih.

 "Itu membutuhkan teknik pengelasan dan alat-alat yang berkualitas tinggi yang memang belum kita miliki," kata Pungky

 "Mengapa kita masih membutuhkan, kadang-kadang tenaga ahli yang walaupun sifatnya sangat teknis tetapi memang kita belum memiliki kapasitas itu," kata dia.

Baca Juga: Klaim Bisnis Legal Binomo, IQ Option, Net89 dan DNA Pro Dipertanyakan

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kemnaker Suhartono mengungkapkan TKA di Indonesia sepanjang 2021 mencapai 88.271 orang.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x