Satu Lagi Fitur yang Akan Dihilangkan oleh Google, Kali Ini Giliran Google Assistant Snapshot

- 4 Maret 2022, 15:20 WIB
Fitur Snapshot pada aplikasi Google Assistant akan segera dihilangkan.
Fitur Snapshot pada aplikasi Google Assistant akan segera dihilangkan. /Dok. Reddit/

BERITA SUBANG - Fitur Snapshot adalah sebuah fitur yang berguna yang terdapat di dalam Google Assistant dan bertindak sebagai pusat informasi prediktif yang pada dasarnya adalah versi terbatas dari Google Now.

Sayangnya, perusahaan tidak lama lagi akan menonaktifkan fitur Snapshot ini, dengan pesan yang sekarang muncul kepada pengguna yang mengatakan bahwa fitur tersebut akan segera hilang.

Terpantau pertama kali oleh seorang pengguna Reddit, sebuah pesan mulai muncul di fitur Snapshot saat diakses melalui aplikasi Google Assistant yang mengatakan bahwa Snapshot akan segera pergi.

Belum ada kejelasan mengenai kapan tepatnya pesan ini mulai muncul. Ketika Google pertama kali memperkenalkannya, banyak yang berpikir ini mungkin kedatangan kedua Google Now.

Fitur ini memiliki ramalan cuaca, pratinjau perjalanan, update dari tim olahraga kesayangan, informasi tiket, reservasi restoran, rencana perjalanan, dan bahkan pengingat ulang tahun. Semuanya terbungkus dalam antarmuka rapi yang menerima pembaruan besar sedikit lebih dari satu setengah tahun yang lalu.

Banyak yang tidak yakin Snapshot pernah dijadikan ruang yang mudah diakses dalam ekosistem Google Assistant, di mana pengguna harus membuka aplikasi Google Assistant, mencari ikon kecil itu, ikon yang tidak memiliki deskripsi dan terus bergerak.

Fitur Snapshot pada Google Assistant juga dapat diakses apabila pengguna beruntung melihat pintasan yang muncul di beranda di satu titik, tapi itu saja. Pengguna tidak dapat menempatkannya di tempat Google Discover berada atau menyiapkan widget Snapshot.

Banyak komentar yang menyatakan bahwa fitur ini dihilangkan karena sulit diakses, tidak banyak yang mengetahuinya seperti yang telah dijelaskan, atau bahkan karena tidak terlalu berguna. Namun, ini bukan pertama kalinya Google mengakhiri fitur atau layanan yang telah lama hadir.

***

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x