Valve Menyatakan Bahwa Mereka akan Senang untuk Membantu Microsoft Membawa PC Game Pass ke Platform Steam

- 27 Februari 2022, 18:44 WIB
Valve akan bersedia untuk membantuk Microsoft menghadirkan Game Pass di Steam meskipun perusahaan tidak berencana untuk merilis Steam Pass.
Valve akan bersedia untuk membantuk Microsoft menghadirkan Game Pass di Steam meskipun perusahaan tidak berencana untuk merilis Steam Pass. /Dok. Valve/

BERITA SUBANG - CEO Valve Gabe Newell menyatakan keterbukaannya untuk Microsoft dalam meluncurkan layanan PC Game Pass di Steam. Ia mengatakan Valve tidak memiliki rencana untuk pesaing Xbox Game Pass, tetapi akan dengan senang hati bekerja dengan Microsoft untuk membawa PC Game Pass ke Steam.

"Saya tidak berpikir itu adalah sesuatu yang kami pikir perlu kami lakukan sendiri, membangun layanan berlangganan saat ini. Tetapi bagi pelanggan mereka, ini jelas merupakan opsi yang populer, dan kami akan dengan senang hati bekerja sama dengan mereka untuk mendapatkannya di Steam," ujarnya dalam wawancara bersama PC Gamer.

Microsoft dan Valve telah mengadakan diskusi tentang membawa PC Game Pass ke Steam, tetapi ini jelas masih awal dan mungkin tidak akan pernah terjadi.

"Kami sudah berbicara cukup banyak dengan orang-orang di sana tentang topik itu. Jika pelanggan Anda menginginkannya, maka Anda harus mencari cara untuk mewujudkannya. Di situlah kita berada," jelas Gabe Newell.

Hal yang memicu ini bisa jadi adalah pemotongan 30 persen Valve pada penjualan perangkat lunak melalui Steam. Valve melonggarkan ini hingga 20 persen untuk penjualan setelah Rp717 miliar, tetapi tidak jelas bagaimana memperlakukan layanan berlangganan seperti PC Game Pass.

EA Play sendiri telah diluncurkan di platform Steam pada tahun 2020 lalu, tetapi hanya langganan dasar yang tersedia dan EA Play Pro masih eksklusif untuk peluncur EA Origin.

Microsoft sejauh ini tidak menunjukkan tanda-tanda bahwa mereka bersedia untuk membawa PC Game Pass ke Steam, di mana perusahaan mulai mendistribusikan lebih banyak judul Xbox Game Studios melalui Steam pada tahun 2019.

Tetapi PC Game Pass akan tetap menjadi eksklusif untuk Microsoft Store dan PC yang menjalankan sistem operasi Windows 10 atau Windows 11. Itu berarti jika pengguna membeli Steam Deck baru, mereka tidak dapat mengakses PC Game Pass di sistem operasi Linux yang sudah diinstal sebelumnya.

Microsoft juga berusaha untuk mengguncang dunia game PC tahun lalu dengan mengurangi pemotongan toko Windows menjadi hanya 12 persen. Steam saat ini masih mendominasi game PC dan Microsoft menyatakan terbuka untuk Steam menjadi bagian dari toko aplikasi Windows 11 yang baru.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: PC Gamer


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x