Fitur 'Grammar check' pada Gboard di Smartphone Google Pixel 6 Telah Kehilangan Eksklusivitasnya

- 21 Februari 2022, 15:40 WIB
Jajaran smartphone Pixel dari Google juga mendapatkan fitur 'Grammar check' setelah sebelumnya hanya terdapat di seri Google Pixel 6.
Jajaran smartphone Pixel dari Google juga mendapatkan fitur 'Grammar check' setelah sebelumnya hanya terdapat di seri Google Pixel 6. /Dok. Google Blog/

BERITA SUBANG - Ketika Google Pixel 6 dan Google Pixel 6 Pro secara resmi diluncurkan hampir empat bulan yang lalu, mereka hadir dengan beberapa fitur eksklusif yang tidak dimiliki oleh jajaran Pixel yang lama ataupun smartphone yang menjalankan sistem operasi Android lainnya.

Salah satunya adalah fitur bernama 'Grammar check' atau pemeriksaan tata bahasa atau di Gboard yang menggarisbawahi masalah tata bahasa yang terdeteksi secara real-time saat pengguna mengetik. Garis bawah biru ini dapat diketuk untuk menampilkan pengganti yang benar secara tata bahasa.

Namun, seorang warganet di Reddit yang memiliki penglihatan jeli menemukan bahwa fitur ini sekarang berfungsi pada smartphone Google Pixel 5 miliknya dengan pengaturan untuk mengaktifkan dan menonaktifkannya tersedia di pengaturan Gboard > Koreksi Teks > Pemeriksaan tata bahasa.

Namun, pengguna smartphone Google Pixel 3a untuk saat ini tidak dapat memanfaatkan fitur ini meskipun sakelar pengaturan ada dan dihidupkan, namun Android Police melaporkan bahwa mereka telah dapat melakukannya, yang diasumsikan bahwa fitur ini mungkin masih dalam pengguliran bertahap.

Apa yang membuat fitur ini unik adalah ia berjalan secara ketat di perangkat menggunakan kecerdasan buatan (AI). Tony Mak dan Simon Tong masing-masing selaku Insinyur Perangkat Lunak dan Insinyur Utama Google Research pun telah menyampaikan hal ini pada blog resmi Google.

Mereka menyatakan bahwa aplikasi Gboard di Google Pixel 6 berfungsi sepenuhnya di smartphone untuk menjaga privasi, mendeteksi, dan menyarankan koreksi untuk kesalahan tata bahasa saat pengguna mengetik dan fitur ini memiliki beberapa kendala utama seperti batasan ukuran memori, persyaratan latensi, dan penanganan kalimat parsial.

"Saat ini, fitur tersebut mampu mengoreksi kalimat bahasa Inggris (kami berencana untuk memperluas ke lebih banyak bahasa dalam waktu dekat) dan tersedia di hampir semua aplikasi dengan Gboard," tulis mereka.

***

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x