Google Kemungkinan akan Mewajibkan Tema Material You Hadir di Setiap Perangkat yang Menjalankan Android 12

- 11 Februari 2022, 15:27 WIB
Kehadiran tema yang serupa dengan prinsip Material You kemungkinan akan menjadi hal wajib yang akan hadir di perangkat yang menjalankan sistem operasi Android 12.
Kehadiran tema yang serupa dengan prinsip Material You kemungkinan akan menjadi hal wajib yang akan hadir di perangkat yang menjalankan sistem operasi Android 12. /Dok. material.io/

BERITA SUBANG - Sebuah fitur yang dulunya hanya hadir untuk seri Google Pixel 6 dan perangkat yang memiliki antarmuka stock Android kemungkinan akan segera menjadi wajib untuk semua perangkat Android 12 di masa depan.

Menurut Android Police, Google dapat mewajibkan agar semua antrmuka dan build Android 12 menyertakan dukungan tema dinamis, baik solusi yang dikembangkan sendiri atau kerangka kerja Monet dari Google sendiri, jika mereka ingin memenuhi syarat untuk Google Mobile Services (GMS).

Para manufaktur yang tidak mematuhi mungkin dan tidak memenuhi syarat mungkin tidak dapat melakukan akses ke GMS yang merupakan komponen inti yang diperlukan untuk fungsionalitas beberapa aplikasi Google.

Mesin Monet Google mendukung sistem tema warna dinamis Android 12, mengekstrak lima nada dari wallpaper untuk digunakan di seluruh antarmuka dan di dalam aplikasi yang didukung. Belum jelas apakah Google akan memerlukan solusi manufaktur untuk mengambil warna dari wallpaper secara langsung, atau jika pengguna dapat memilih sendiri warna inti.

Beberapa manufaktur telah menerapkan solusi mereka sendiri, seperti One UI 4 dari Samsung dan MIUI 13 dari Xiaomi yang telah menyertakan mesin tema dinamis. Beberapa perusahaan tambahan juga berkomitmen untuk membawa dukungan tema ke antarmuka mereka.

Menurut sumber Android Police, dokumentasi Google akan mengkonfirmasi persyaratan ini pada 14 Maret, memberi manufaktur sedikit lebih dari sebulan untuk menerapkan solusi ini. Meskipun mungkin tampak ketentuan aneh untuk kualifikasi GMS, penting bahwa aplikasi Google terlihat dan terasa serupa di semua perangkat untuk pengguna dan perusahaan.

Ini bukan persyaratan GMS pertama yang terlihat dalam beberapa bulan terakhir. Pada bulan Desember, persyaratan GMS menyatakan bahwa menu pengaturan Android 12 menyertakan halaman 'Safety & emergency'. GMS sendiri mencakup sejumlah aplikasi yang penting bagi banyak pengguna Android, seperti Chrome, Google Maps, dan YouTube.

***

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: Android Police


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x