Google Menambahkan Fitur Baru pada Google Chrome yang Menggabungkan Riwayat Pencarian dengan Kategori

- 9 Februari 2022, 14:20 WIB
Google Chrome mendapatkan fitur baru yang memudahkan pengguna untuk mencari hal spesifik di dalam riwayat pencarian.
Google Chrome mendapatkan fitur baru yang memudahkan pengguna untuk mencari hal spesifik di dalam riwayat pencarian. /Dok. Google Blog/

BERITA SUBANG - Google telah meluncurkan Journeys, sebuah fitur pada Google Chrome yang memungkinkan pengguna untuk mengunjungi kembali sesi penjelajahan lama berdasarkan materi terkait yang ingin dicari.

Jika pengguna mengetikkan kata di bilah alamat yang terkait dengan beberapa kata kunci berbelit-belit yang pernah dikunjungi sebelumnya, kini akan terlihat opsi 'Resume your research' atau 'Lanjutkan pencarian Anda' yang akan menautkan ke situs terkait yang pernah dikunjungi sebelumnya.

Sejauh ini, sepertinya itu bisa menjadi solusi yang jauh lebih layak daripada menggali riwayat pencarian untuk satu situs yang pernah kunjungi dikunjungi misalnya pada satu bulan yang lalu.

Contohnya, apabila pengguna mendalami penelitian tentang sebuah jenis kucing, ia akan melihat semua halaman terkait yang diakses di Journeys setiap kali mengetikkan kata kunci itu untuk ke depannya.

Halaman dari fitur Journeys ini akan dengan jelas menampilkan situs-situs yang telah dihabiskan lebih banyak waktu dan juga akan memberikan saran berdasarkan apa yang yang sedang dicari.

Fitur Journeys pada browser Google Chrome mempermudah pencarian pengguna berdasarkan aktivitas.
Fitur Journeys pada browser Google Chrome mempermudah pencarian pengguna berdasarkan aktivitas.

Google memberikan catatan bahwa pengguna dapat menghapus situs tertentu yang termasuk dalam Journeys, menghapus seluruh bagian riwayat pencarian, ataupun menonaktifkan fitur tersebut sama sekali.

Juga, tidak ada yang akan disimpan ke akun Google pengguna sehingga tidak perlu khawatir tentang pencarian di masa lalu yang menghantui pengalaman menjelajah di internet pada platform seluler.

Namun, hal ini setidaknya berlaku untuk saat ini di mana Google ingin memperluasnya ke perangkat lain di masa mendatang. Journeys di Google Chrome Saat ini tersedia di Chrome versi desktop di semua sistem operasi dalam bahasa Inggris, Jerman, Spanyol, Prancis, Italia, Belanda, Portugis, dan Turki.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x