Backup WhatsApp pada Penyimpanan Google Drive Kemungkinan akan Dibatasi di Masa Mendatang

- 3 Februari 2022, 15:23 WIB
Pengguna di masa mendatang kemungkinan harus melakukan pemilihan untuk menyimpan riwayat percakapan atau membayar lebih untuk menggunakan Google Drive.
Pengguna di masa mendatang kemungkinan harus melakukan pemilihan untuk menyimpan riwayat percakapan atau membayar lebih untuk menggunakan Google Drive. /Dok. WhatsApp/

BERITA SUBANG - Google akhir-akhir ini terlihat kurang berbaik hati dalam hal membagikan penyimpanan gratis, dimulai dengan berhenti menawarkan cadangan tak terbatas untuk Google Photos dalam upaya membuat orang membayar paket Google One jika persyaratan mereka melebihi 15GB yang ditawarkan secara gratis dengan setiap akun.

Perusahaan mungkin kini mengincar WhatsApp. Google Drive saat ini tidak menghitung backup WhatsApp terhadap kuota penyimpanan pengguna, tetapi jika info baru muncul, Google mungkin akan segera menambahkan batasan berapa banyak bdata yang dapat disimpan di cloud secara gratis.

Beberapa bulan yang lalu, opsi dalam pengembangan telah muncul yang apabila aktif, akan memungkinkan pengguna untuk mengelola ukuran cadangan mereka untuk memutuskan bagian mana dari riwayat obrolan WhatsApp mereka yang ingin mereka unggah ke cloud.

Saat itu, terdapat spekulasi bahwa ini adalah persiapan untuk penghapusan, atau setidaknya pembatasan, penyimpanan gratis pada Google Drive untuk backup WhatsApp. Dilaporkan melalui WABetaInfo ditemukan beberapa string aneh saat membedah beta terbaru WhatsApp, dan itu bukan kabar baik bagi pengguna yang memiliki backup berukuran besar.

Beberapa string ini mengungkapkan bagaimana aplikasi akan menyampaikan informasi ("perubahan cadangan Google Drive") dan pemberitahuan detail yang memberi tahu pengguna kapan mereka akan mengisi penyimpanan gratis ("Google Drive hampir penuh") dan ketika sudah mencapai batas ("Batas Google Drive tercapai").

Sesuai dengan detail sebelumnya, tingkat gratis ini mungkin dibatasi hingga 2GB, di mana string ini tidak memberikan info apakah itu benar atau salah, setelah itu pengguna masih dapat mengunggah obrolan ke Google Drive, tetapi akan mulai dihitung terhadap kuota penyimpanan.

Sebenarnya kuota 2GB akan cukup jika pengguna tidak memiliki terlalu banyak media, tetapi jika mencakup foto dan video yang diunduh selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Disarankan mulai menabung untuk paket Google One atau menyimpan cadangan secara lokal.

***

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: WABetaInfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x