Prosesor Intel Core i3-12300 yang Telah Di-Overclock Mencatat Rekor Kecepatan CPU Quad-Core di Dunia

- 25 Januari 2022, 13:01 WIB
Seorang pengguna komputer asal Korea melakukan overclock terhadap CPU Intel Core i3-12300 dan berhasil mencatat rekor dunia.
Seorang pengguna komputer asal Korea melakukan overclock terhadap CPU Intel Core i3-12300 dan berhasil mencatat rekor dunia. /Dok. intel.com/

BERITA SUBANG - CPU Intel Core i3-12300 berhasil mengambil gelar CPU quad-core tercepat di dunia setelah membuat rekor baru dalam benchmark Y-cruncher, yaitu tes stres yang membebani prosesor dengan menugaskannya untuk menghitung pi hingga sekian digit.

Prosesor Alder Lake ini berhasil ditingkatkan hingga 5.442MHz oleh Phantom K, seorang overclocker asal Korea, yang menghasilkan waktu Y-cruncher 33,3 detik, menggeser rekor quad-core sebelumnya 52 detik yang dipegang oleh AMD Ryzen 5300G.

PC yang digunakan untuk membuat rekor baru memiliki Intel Core i3-12300 yang ditempatkan di motherboard Asus ROG Maximus Apex Z690, dengan RAM DDR5-6736 32GB. Dalam PC tersebut, nitrogen cair tidak digunakan dalam pendinginan CPU (seperti yang sering terjadi pada overclock besar), tetapi menggunakan es kering sebagai gantinya.

Sejauh ini diketahui bahaw model chipset seri K dari Intel yang dapat di-overclock, namun dengan chipset Alder Lake telah ditemukan bahwa bahkan CPU standar dapat di-overclock, setidaknya dengan motherboard tertentu (yang menawarkan fitur Unlock BCLK di BIOS).

Prosesor Intel Alder Lake yang bukan dari seri K hingga saat ini membuat banyak berita utama dengan orang-orang meningkatkannya dengan overclock besar. Baru kemarin, terdapat laporan bahwa terdapat CPU Intel Celeron G6900 dapat mencapai 5.3GHz, di mana pada kecepatan standar hanya mampu mencapai kecepatan clock 3.4GHz.

Hal ini dapat dilakukan karena overclock CPU Intel Core i3-12300 yang memecahkan rekor di sini dilakukan menggunakan motherboard Z690, dengan kata lain, model premium (dan tentunya mahal) dengan dukungan BCLK yang diperlukan.

Namun, overclocker asal Jerman, Der8auer, (yang melakukan overclock untuk CPU Intel Celeron juga di Z690) berteori bahwa pembuatan chip non-K ini dapat bekerja dengan baik pada motherboard yang lebih rendah juga, dan dari situs Tom's Hardware tampaknya menunjukkan bahwa beberapa motherboard B660 telah terlihat mampu mencapai angka tersebut.

Hal ini dapat membuat pintu terbuka untuk membangun PC Alder Lake yang lebih terjangkau menggunakan motherboard dan chip kelas menengah, kemudian mendorongnya dengan overclock besar yang memerlukan pendinginan khusus, tetapi ada banyak hal potensi untuk mendorong kinerja cukup jauh dengan cairan atau bahkan pendingin udara.

Di sisi lain, jika ini masalahnya, Intel mungkin ingin menutup pintu itu untuk melindungi penjualan chip Alder Lake kelas atas, jadi kita hanya perlu melihat bagaimana hal ini terungkap untuk ke depannya.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x