Xiaomi Merilis Sistem Operasi Terbaru Mereka MIUI 13 dengan Peningkatan Keamanan dan Juga Privasi Pengguna

- 31 Desember 2021, 10:59 WIB
Sistem operasi MIUI 13 resmi diperkenalkan dengan peningkatan dari segi keamanan dan privasi pengguna.
Sistem operasi MIUI 13 resmi diperkenalkan dengan peningkatan dari segi keamanan dan privasi pengguna. /Dok. Weibo/

BERITA SUBANG - Xiaomi secara resmi memperkenalkan smartphone unggulan terbaru mereka dari seri Xiaomi 12 yang terdiri dari vanilla Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro sekaligus sistem operasi terbaru mereka MIUI 13.

Peluncuran MIUI 13 disampaikan langsung oleh CEO sekaligus co-founder perusahaan, Lei Jun, yang dinyatakan pada sistem operasi terbaru ini dilengkapi dengan peningkatan dari segi keamanan dan juga fitur privasi untuk para pengguna.

MIUI 13 juga disampaikan Lei Jun memiliki peningkatan koneksi untuk ekosistem atau AIoT Xiaomi baik dari smartphone, tablet, smart TV, smartwatch, perangkat smart home, juga asisten Xiaomi yang bernama XiaoAI.

Seperti yang diketahui, privasi pengguna smartphone merupakan hal yang krusial dan perusahaan pada sistem operasi MIUI 13 mengimplementasikan tiga tahap verifikasi dengan pengenalan wajah, pembacaan ID pengguna dengan watermark, dan fitur yang disebut Xiaomi sebagai "electronic fraud protection" atau perlindungan penipuan elektronik.

Tiga tahap verifikasi yang terdapat pada MIUI 13 untuk melindungi privasi pengguna.
Tiga tahap verifikasi yang terdapat pada MIUI 13 untuk melindungi privasi pengguna.

Pengenalan wajah pada MIUI 13 ini bekerja dari bagian pinggang ke atas dari pengguna, di mana meskipun pengguna telah mengeset wajah untuk pengenalan tersebut, smartphone akan merekam dari pinggang ke atas dan menjadikan mereka yang memiliki wajah mirip dengan struktur tubuh yang berbeda tidak akan dapat memiliki akses.

Sedangkan fitur electronic fraud protection ini bekerja dengan cara merekam situs dan perangkat yang kemungkinan membawa malware serta terdapat data nomor yang berpotensi melakukan kejahatan dan pengguna akan diperingatkan sebelum menerima suatu panggilan.

MIUI 13 juga membawa font baru yang dapat diunduh secara gratis yang dinamakan means, di mana font ini memiliki bentuk yang lebih simetris. Warna dari sistem operasi MIUI 13 juga diubah serta terdapat banyak pilihan wallpaper dan widget baru yang didesain ulang.

Teradapat pula MIUI 13 Pad yang ditujukan untuk tablet untuk memudahkan multitasking dan Xiaomi menyampaikan bahwa antarmuka MIUI 13 ini tersedia tidak hanya untuk perangkat Xiaomi melainkan dapat diaplikasikan ke perangkat lain.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: Weibo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x