Bocoran Fitur Terbaru yang Akan Hadir pada Sistem Operasi Android 13 'Tiramisu' Muncul ke Permukaan

- 26 Desember 2021, 20:27 WIB
Android 13 dengan nama kode Tiramisu dilaporkan akan memiliki perubahan kecil dan beberapa penambahan fitur berikut ini.
Android 13 dengan nama kode Tiramisu dilaporkan akan memiliki perubahan kecil dan beberapa penambahan fitur berikut ini. /Dok. android.com/

BERITA SUBANG - Sistem operasi Android 12 telah dirilis pada bulan Oktober lalu oleh Google dan beberapa pekan kemudian, Google juga meluncurkan sistem Android 12L yang pada dasarnya adalah Android 12 yang ditujukan untuk perangkat tablet, smartphone lipat, serta smartphone berlayar lebar.

Kini, bocoran mengenai penerus Android 12, yaitu Android 13 dengan nama kode 'Tiramisu' muncul ke permukaan melalui situs XDA Developers dan memperlihatkan beberapa fitur yang akan dirilis Google dan juga perubahan kecilnya.

Penambahan fitur pertama yang dikabarkan akan hadir pada Android 13 adalah Bahasa Aplikasi dengan nama kode 'Panlingual' yang berfungsi untuk mengubah bahasa pada smartphone untuk bagian antarmuka dan menu, serta dapat mengubah bahasa pada setiap aplikasi yang berbeda. Fitur ini akan dapat ditemukan nantinya pada opsi Bahasa dan Input lalu masuk ke Info Aplikasi.

Perubahan kedua pada Android 13 adalah perizinan notifikasi untuk aplikasi, di mana semakin banyak aplikasi yang terpasang di smartphone akan menyebabkan notifikasi yang akan hadir di smartphone akan semakin banyak pula yang berpotensi untuk menimbulkan spam.

Pada fitur ini, pengguna dapat memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi setelah menginstal suatu aplikasi dan dapat menghindari spam yang tidak diinginkan dari aplikasi yang baru saja diinstal tersebut.

Beberapa pengguna merasa tidak nyaman dengan layout jam dua baris pada layar kunci di Android 12 yang memakan banyak ruang apabila tidak terdapat notifikasi dan akan menyusut ke sudut kiri atas apabila pengguna menerima notifikasi.

Pada Android 13 Tiramisu, pengguna akan dapat memilih opsi layout jam pada layar kunci mereka seperti di Android 11 ataupun seperti di Android 12. Android 13 sendiri dirumorkan akan mulai hadir pada bulan Mei tahun 2022 mendatang.

***

Editor: Edward Panggabean

Sumber: XDA-Developers.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x