Sistem Operasi Android 12L Beta 1 Telah Dirilis oleh Google dengan Peningkatan untuk Perangkat Berlayar Lebar

- 10 Desember 2021, 18:30 WIB
Google merilis Android 12L Beta 1 yang memberikan peningkatan untuk perangkat dengan layar lebar.
Google merilis Android 12L Beta 1 yang memberikan peningkatan untuk perangkat dengan layar lebar. /Dok. android-developers.googleblog.com/

BERITA SUBANG - Google beberapa waktu lalu telah mengumumkan sistem operasi terbaru mereka Android 12L yang ditujukan khusus untuk perangkat dengan layar lebar seperti tablet dan juga smartphone lipat yang ditujukan untuk memudahkan multitasking.

Perusahaan telah merilis pratayang pengembang Android 12L pertama kali di tablet Lenovo Tab P12 Pro beberapa hari lalu dan kinin beta pertama Android 12L untuk para pengembang telah tersedia.

Selain tersedia untuk tablet Lenovo Tab P12 Pro dan juga perangkat Pixel, kini para pengembang dapat menggunakan Android Studio untuk mengemulasikan aplikasi mereka di perangkat dengan layar besar yang mereka punya.

Google telah mempublikasikan beberapa peningkatan dan perubahan pada situs blog pengembang Android mereka yang berfokus pada optimasi pengalaman pengguna untuk perangkat berlayar lebar seperti pada tablet.

Tidak hanya itu, Android 12L Beta 1 juga memberikan pembaruan keamanan bulan Desember 2021 serta peningkatan pengalaman pengguna untuk bilah notifikasi, quick settings, layar kunci, overview, dan juga beranda. Pada pembaruan ini akan memaksimalkan layar lebar untuk membagi menjadi dua kolom untuk memudahkan pengoperasian.

Bilah notifikasi dan quick settings pada Android 12L akan terbagi ke dalam dua kolom menafaatkan besarnya layar untuk memudahkan pengoperasian.
Bilah notifikasi dan quick settings pada Android 12L akan terbagi ke dalam dua kolom menafaatkan besarnya layar untuk memudahkan pengoperasian.

Pada Android 12L juga kini terdapat taskbar yang membuat pengguna dapat menyeret ikon aplikasi pada aplikasi terkini untuk digunakan di mode terpisah serta meningkatkan kotak teks pada aplikasi yang berjalan pada mode compatibility.

Google menggambarkan ini dengan penggunaan Google Maps pada satu sisi dan pencarian Google di sisi lain yang memudahkan pengguna untuk mengerjakan dua tugas dalam saat yang bersamaan.

Para pengguna dapat mendaftarkan diri mereka dengan akun Google untuk mencoba sistem operasi Android 12L pada Android Beta Program yang dapat diaplikasikan untuk tablet, smartphone lipat, ataupun perangkat Pixel.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x