Pengguna kini Dapat Secara Otomatis Menghilangkan Percakapan di WhatsApp dalam Waktu 90 Hari

- 7 Desember 2021, 18:41 WIB
Percakapan di WhatsApp kini dapat dihapus sendiri secara otomatis dalam waktu 90 hari.
Percakapan di WhatsApp kini dapat dihapus sendiri secara otomatis dalam waktu 90 hari. /Dok. blog.whatsapp.com/

BERITA SUBANG - WhatsApp telah memperkenalkan fitur untuk mengilangkan pesan secara otomatis dalam waktu 7 hari pada bulan November 2020 tahun lalu dan kini pesan dapat menghilang dengan sendirinya dalam waktu 24 jam atau 90 hari.

Fitur ini diumumkan oleh WhatsApp melalui situs blog resmi mereka yang menyatakan bahwa tujuan mereka adalah untuk "menghubungkan dunia secara privat" terutama di masa pandemi ini yang memaksa kebanyakan orang untuk berkomunikasi secara daring.

Tidak hanya itu, pengguna WhatsApp juga kini memiliki opsi untuk menghilangkan percakapan secara otomatis untuk setiap individu, di mana sebelumnya hal ini harus diaktifkan secara manual.

Apabila pengguna memilih untuk mengaktifkan fitur ini, akan muncul pesan di lawan bicara agar mereka mengetahui bahwa fitur ini akan diaktifkan untuk percakapan pengguna dengan lawan bicara mereka.

Pengguna juga dapat mengaktifkan penghilangan percakapan secara otomatis ini untuk percakapan grup dan perusahaan menyatakan bahwa fitur ini opsional dan tidak akan mempengarhui percakapan yang telah ada.

Berikut adalah info yang dibagikan oleh WhatsApp mengenai fitur ini:

  • Jika pengguna tidak membuka WhatsApp dalam jangka waktu 24 jam, 7 hari, atau 90 hari, pesan tersebut akan hilang dari obrolan. Namun, pratinjau pesan mungkin masih ditampilkan di notifikasi hingga WhatsApp dibuka.
  • Saat Anda membalas pesan, pesan awal akan dikutip. Jika Anda membalas pesan yang hilang, teks yang dikutip mungkin tetap ada dalam obrolan setelah durasi yang Anda pilih.
  • Jika pesan yang hilang diteruskan ke obrolan dengan pesan yang hilang tidak aktif, pesan tersebut tidak akan hilang dalam obrolan yang diteruskan.
  • Jika pengguna membuat cadangan sebelum pesan hilang, pesan yang hilang akan disertakan dalam cadangan. Pesan yang hilang akan dihapus saat pengguna memulihkan dari cadangan.

WhatsApp mengingatkan untuk hanya gunakan pesan yang menghilang dengan orang tepercaya. Misalnya, mungkin saja seseorang:

  • Meneruskan atau mengambil tangkapan layar dari pesan yang hilang dan simpan sebelum menghilang.
  • Menyalin dan menyimpan konten dari pesan yang hilang sebelum menghilang.
  • Mengambil foto pesan yang menghilang dengan kamera atau perangkat lain sebelum pesan tersebut menghilang.

Pengguna dapat mengaktifkan fitur ini pada iPhone dan Android melalui Pengaturan > Akun > Privasi > Pengatur waktu pesan default > pilih durasi yang diinginkan.

***

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x