Smartphone Pengguna Kini Tidak Perlu dalam Kondisi Online untuk Menggunakan WhatsApp di Perangkat Lain

- 6 November 2021, 11:35 WIB
WhatsApp mulai merilis pembaruan yang membuat pengguna dapat menggunakan aplikasi tanpa harus membiarkan smartphone dalam keadaan online.
WhatsApp mulai merilis pembaruan yang membuat pengguna dapat menggunakan aplikasi tanpa harus membiarkan smartphone dalam keadaan online. /Dok. WhatsApp/

BERITA SUBANG - WhatsApp dilaporkan telah melakukan pengujian fitur yang dapat menghubungkan akun WhatsApp pengguna di perangkat lain dan dapat mengirimkan serta menerima pesan tanpa harus membiarkan smartphone online selama beberapa bulan terakhir.

Fitur ini kini telah hadir secara resmi dan dirilis secara bertahap di pembaruan terbaru baik untuk pengguna Android maupun iOS.

Sebelumnya, pengguna harus memastikan smartphone atau perangkat utama mereka tetap terhubung ke internet untuk dapat menggunakan WhatsApp di perangkat sekunder.

Pengguna harus mengaktifkan secara manual fitur ini di aplikasi WhatsApp di smartphone utama mereka, di mana fitur ini sendiri masih memiliki label beta.

Ketika diaktifkan, WhatsApp akan memutuskan hubungan dari seluruh perangkat sebelum menghubungkan ulang ke perangkat baru. Setelah menghubungkan kembali, pengguna dapat menggunakan WhatsApp seperti biasa, namun tidak perlu membiarkan smartphone utama terhubung ke internet.

Fitur ini sangat membantu karena kini para pengguna tidak perlu bergantung pada smartphone utama untuk menggunakan WhatsApp di perangkat sekunder mereka, ditambah lagi pesan dan panggilan masih dalam status end-to-end encrypted atau E2EE (enkripsi ujung ke ujung).

Kini, perangkat lain yang terhubung ke WhatsApp dapat menerima dan mengirimkan pesan hingga 14 hari setelah smartphone utama berstatus offline.

Keuntungan lain dari fitur ini sendiri berguna dalam kasus seperti pengguna kehilangan smartphone dan harus mengirimkan pesan darurat, atau apabila baterai smartphone pengguna habis terpakai namun tetap memiliki perangkat lain.

Adapun pembatasan pada platform iOS yang mana pengguna tidak dapat menghapus pesan pada perangkat yang terhubung, juga tidak dapat menghubungkan ke perangkat tablet ataupun smartphone sekunder.

Halaman:

Editor: Padli


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x