Samsung Telah Memulai Produksi Massal Panel OLED Berkecepatan 90Hz, akan Melakukan Debut di Laptop Asus

- 22 September 2021, 21:11 WIB
Asus akan meluncurkan laptop ZenBook dan VivoBook dengan panel OLED 90Hz dari Samsung.
Asus akan meluncurkan laptop ZenBook dan VivoBook dengan panel OLED 90Hz dari Samsung. /Dok. Samsung/

BERITA SUBANG - Samsung telah memperkenalkan layar OLED 14 inci dengan resolusi 2.880 x 1.800 piksel dan rasio 16:10 serta kecepatan refresh 90Hz pada bulan Maret lalu dan baru sekarang mencapai tahap produksi massal.

Layar baru dari divisi Samsung Display ini dalam Berita Gadget Terkini dilaporkan akan melakukan debutnya pada laptop buatan Asus dari seri ZenBook dan VivoBook.

Samsung mengklaim bahwa panel OLED dengan kecepatan 90Hz akan menawarkan gambar yang lebih bagus dibandingkan dengan layar dengan kecepatan 120Hz namun dengan panel LCD.

Kecepatan refresh yang lebih tinggi menawarkan pergerakan yang lebih mulus pada tampilan, namun membutuhkan kapasitas grafik yang lebih tinggi dan juga memakan lebih banyak baterai dan ini yang menjadi tantangan para manufaktur laptop.

Panel OLED sendiri memiliki waktu respon yang lebih cepat dan menampilkan gambar yang lebih natural dibandingkan panel LCD.

"Permintaan laptop terus meningkat seiring bekerja dari rumah dan pembelajaran jarak jauh menjadi norma baru," ujar wakil manajer umum pusat pemasaran produk PC BU ASUS, Y.C. Chen.

"Tampilan OLED dapat memenuhi berbagai kebutuhan konsumen karena mereka menggunakan laptop untuk sekolah, rapat virtual, streaming video, bermain game, dan banyak lagi," ujarnya.

Tidak hanya Asus, Samsung Display juga menyampaikan bahwa mereka telah menyediakan panel OLED ini juga untuk Lenovo, Dell, HP, dan Samsung Electronics.

***

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x