Vimeo Mengumumkan Dukungan Dolby Vision Eksklusif untuk Berbagai Perangkat iPhone dan iPad dari Apple

- 11 September 2021, 15:13 WIB
Vimeo menghadirkan dukungan Dolby Vision untuk berbagai perangkat Apple.
Vimeo menghadirkan dukungan Dolby Vision untuk berbagai perangkat Apple. /Dok. Vimeo/

BERITA SUBANG - Vimeo, salah satu platform hosting dan berbagi video mengumumkan melalui situs blog resmi mereka bahwa kini merekan kini menghadirkan dukungan Dolby Vision untuk berbagai perangkat Apple.

Ini merupakan peningkatan dari yang sebelumnya Vimeo memiliki dukungan untuk mengunggah video dengan kualitas HDR10. Kini dengan Dolby Vision, para pengguna perangkat Apple dapat menikmati tontonan yang lebih berkualitas lagi.

Pengguna dapat mengunggah video Dolby Vision dan mereka dapat melakukannya dari perangkat apa pun terlepas dari tingkat akun Vimeo mereka.

Pengguna perlu memastikan bahwa video tersebut berada dalam profil HEVC 10-bit, HLG, dan Dolby Vision 8.4 untuk memastikan video Dolby Vision mereka ditampilkan dengan benar. Vimeo akan secara otomatis mengetahui sisanya, termasuk menghasilkan HDR10 standar, gamut lebar SDR, dan versi SDR.

Sayangnya, konten Dolby Vision saat ini hanya terbatas pada perangkat Apple. Hal ini pun masih terbatas untuk iPhone 8 dan yang lebih baru, iPad Pro generasi ke-2 dan yang lebih baru, model Mac tertentu, dan Apple TV 4K yang terhubung ke Dolby Vision TV. Ini dapat dilakukan di Safari atau di dalam aplikasi Vimeo.

Pembatasan ini sebenarnya tidak berbeda dari batasan yang sudah dimiliki Vimeo untuk konten HDR10 standarnya, yang juga hanya dapat dilihat di perangkat Apple.

Ini berarti jika seorang pengguna menggunakan perangkat Android atau Windows, ia hanya akan melihat versi SDR.

Keunggulan dimiliki oleh para pengguna iPhone 12 karena mereka dapat mengambil, mengedit, dan mengunggah video Dolby Vision langsung ke Vimeo tanpa perlu menggunakan komputer.

Ini dikarenakan iPhone 12 dapat menangkap dalam format HEVC 10-bit HLG Dolby Vision 8.4 yang sama yang dibutuhkan Vimeo sehingga para penggunanya tidak akan mengalami masalah kompatibilitas.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah