Oppo Dilaporkan Sedang dalam Pengerjaan Prosesor Sinyal Pencitraan atau ISP Kustom yang Dinamakan M1

- 7 Juli 2021, 18:14 WIB
Oppo M1 merupakan prosesor sinyal pencitraan (ISP) dan sedang dalam pengerjaan.
Oppo M1 merupakan prosesor sinyal pencitraan (ISP) dan sedang dalam pengerjaan. /Dok. oppo.com/

BERITA SUBANG - Oppo dalam Berita Gadget Terkini telah mematenkan nama M1 pada bulan November 2019 lalu dan kini dilaporkan bahwa nama tersebut adalah nama untuk prosesor sinyal pencitraan atau ISP mereka yang sedang dalam pengerjaan.

Kabar ini dilaporkan oleh pembocor terkenal, Digital Chat Station, melalui situs forum di China, Weibo, yang menyatakan bahwa Oppo sedang mengerjakan ISP kustom mereka sendiri.

Oppo sendiri juga telah merekrut teknisi-teknisi dari MediaTek dan Spreadtrum (Unisoc). Tahun lalu Oppo mengabarkan bahwa mereka telah mengadakan kerjasama dengan karyawan-karyawan Qualcomm, HiSilicon, dan MediaTek untuk chip baru.

Proyek ini dinamakan oleh Oppo "Mariana Project" dan apabila ini menjadi kenyataan, akan menjadi sejarah bagi Oppo karena ini merupakan chip pertama yang dikembangkan oleh perusahaan.

Baca Juga: Bocoran ColorOS 12 dari Oppo, Mirip dengan Antarmuka MIUI 12 dari Xiaomi?

Konsep ISP sendiri digunakan untuk memproses sinyal keluaran dari sensor pencitraan dari sebuah smartphone yang ditangkap oleh sensor pencitraan (kamera).

ISP ini adalah bagian penting dari chip smartphone karena merupakan inti dari pemrosesan gambar dan merupakan otak dari sistem pencitraan dari sebuah smartphone.

Salah satu peran ISP dalam pencitraan di smartphone.
Salah satu peran ISP dalam pencitraan di smartphone.

ISP merupakan peran inti dari penajaman gambar, pengurangan noise dari penangkapan gambar, optimisasi warna ketika pengambilan gambar, autofocus, pengenalan objek, white balance, dan yang lainnya.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x