Chipset Snapdragon 895 Dirumorkan akan Dirakit oleh Samsung, Sedangkan Snapdragon 895+ akan Dirakit oleh TSMC

- 6 Juli 2021, 14:16 WIB
Dua chipset flagship andalan Qualcomm tahun depan dirumorkan akan dirakit oleh dua manufaktur yang berbeda.
Dua chipset flagship andalan Qualcomm tahun depan dirumorkan akan dirakit oleh dua manufaktur yang berbeda. /Dok. Qualcomm/

BERITA SUBANG - Snapdragon 888+ baru saja diluncurkan oleh Qualcomm beberapa pekan yang lalu, Berita Gadget Terkini adalah rumor tentang penerusnya telah muncul ke permukaan melalui pembocor terkenal Ice Universe melalui cuitan di akun Twitternya @UniverseIce.

Ia menyampaikan melalui cuitannya bahwa dua chipset andalan Qualcomm di tahun depan akan dibangun oleh dua manufaktur yang berbeda.

Qualcomm Snapdragon 895 dikabarkan akan dibangun dengan fabrikasi node 4nm oleh Samsung, sedangkan chipset Qualcomm Snapdragon 895+ akan dibangun dengan fabrikasi 4nm oleh TSMC.

Ini sebenarnya tidak mengherankan, dikarenakan hal ini telah terjadi pada Snapdragon 865 dan Snapdragon 888, chipset andalan Qualcomm mengalami perlakuan yang sama seperti itu.

Baca Juga: Qualcomm Snapdragon 888+ 5G Resmi Diumumkan di MWC 2021, Chipset Kencang dengan Dukungan Mesin AI yang Canggih

Qualcomm Snapdragon 865 dibuat pada proses N7P TSMC (generasi kedua node 7nm), tetapi Qualcomm beralih ke Samsung saat memesan chipset Snapdragon 888.

Snapdragon 888+ dibangun pada node Samsung 5nm yang sama, hanya saja bagian yang lebih tinggi dengan Cortex-X1 clock pada 2,995 GHz (naik dari 2,84 GHz) dan NPU berputar hingga 32 TOPS (naik dari 26 TOPS).

Keduanya ini merupakan penyempurnaan dari masing-masing node 5nm. Namun, tes keunggulan kinerja dan potensi penghematan daya dari proses baru belum diumumkan secara publik.

Kemungkinan chipset Snapdragon 895 dan Snapdragon 895+ akan mengikuti jadwal yang sama dengan Snapdragon 888 dan Snapdragon 888+ yang diluncuran tahun ini.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x