Samsung Bergabung dengan Standar Transfer File Nirkabel yang Dimulai oleh Xiaomi, Oppo, dan Vivo

- 20 Juni 2021, 16:29 WIB
Samsung ikut serta dalam transfer file nirkabel antar merek.
Samsung ikut serta dalam transfer file nirkabel antar merek. /Dok. ITHome/

BERITA SUBANG - Beberapa tahun yang lalu, Xiaomi, Oppo, dan Vivo bergabung untuk menciptakan Mutual Transfer Alliance (MTA), cara standar untuk mentransfer file antar perangkat (ponsel dan komputer) secara lokal melalui koneksi nirkabel 20 MB/s. Setelah beberapa bulan pengujian beta, fitur tersebut akhirnya dijalankan.

Sejak saat itu, perusahaan lain telah bergabung dengan Aliansi in, daftar yang sekarang mencakup Samsung.

Selain ketiga perusahaan itu, OnePlus, Meizu, ZTE, Black Shark, dan HiSense ada di dalamnya, begitu pula Asus dan merek game Republic of Gamers.

Tapi Samsung bergabung dengan aliansi ini adalah hal yang besar. Pertama, ini adalah salah satu pembuat smartphone terbesar di dunia, bahkan sering memegang posisi pertama.

Kedua, Samsung sudah memiliki fitur transfer nirkabelnya sendiri, Quick Share, yang diluncurkan pada tahun 2020 sebagai pengganti Android Beam yang sudah tidak digunakan lagi (dan sebagai alternatif dari Nearby Share baru Google). Samsung bahkan merilis aplikasi Windows 10 awal tahun ini.

Baca Juga: Aplikasi Find My Device di Android Dilaporkan akan Memiliki Sistem yang Mirip dengan Find My di Apple iPhone

Xiaomi Mutual Transmission ini sendiri menyediakan 2 cara untuk mengirim file, langsung drag and drop atau klik kanan untuk mengirim file.

Pengguna dapat langsung menarik dan melepas file yang ingin ditransfer ke ikon daftar perangkat di antarmuka utama.

Setelah pihak lain mengkonfirmasi penerimaan, kemajuan transfer akan ditampilkan. Pada saat yang sama, progres tugas akan ditampilkan di sudut kanan bawah desktop Windows pengguna, dan akan diberi tahu saat transfer selesai.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x