Menkominfo Bahas Tindak Lanjut DCO dan Kerja Sama Ekonomi Digital dengan Dubes Arab Saudi

- 11 Juni 2021, 15:23 WIB
Menteri Kominfo, Johnny G. Plate (kanan), bersama dengan Dubes Arab Saudi.
Menteri Kominfo, Johnny G. Plate (kanan), bersama dengan Dubes Arab Saudi. /Dok. Kominfo/

BERITA SUBANG - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, bersama dengan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi, Syekh Essam bin Abed Al Thaqafi, membahas tindak lanjut Digital Collaboration Organization (DCO) dan kerja sama ekonomi digital.

Pembahasan ini diadakan di Rumah Dinas Menteri di Kompleks Widya Chandra, Jakarta, pada hari Rabu, 9 Juni 2021.

"Kerja sama bilateral yang dibicarakan berkaitan dengan bagaimana kerja sama antara Kerajaan Saudi dan Indonesia di bidang digital ekonomi yang sudah dirintis dari awal dan bagaimana ini untuk diteruskan agar menjadi lebih konkret," ujar menteri Johnny.

Kerajaan Arab Saudi mengusulkan agar Indonesia menjadi bagian dari DCO, organisasi baru yang didirikan untuk meningkatkan kerja sama bidang digital antarnegara anggota Organisasi Konferensi Islam.

Baca Juga: Menteri Kominfo Menyampaikan Bahwa Mereka Tempuh Empat Langkah Persiapkan ASO, Tahap Pertama Dimulai dari Aceh

Hal ini dikarenakan Menkominfo menyatakan bahwa Kerajaan Arab Saudi memahami kemajuan dan perkembangan ekonomi digital di Indonesia dan Negara ASEAN.

"Hal ini sudah lama diusulkan oleh Kerajaan Saudi dan sudah ada 6 negara yang menjadi anggotanya dan sekretariat jenderalnya berada di Riyadh dan sudah mencakup sekitar 400 juta penduduk,"

"Kerajaan Saudi dan negara-negara pendiri mengharapkan agar Indonesia juga mengambil bagian dari pendiri organisasi tersebut. Di Indonesia ada lebih dari 270 juta penduduk, kalau Indonesia ikut maka pasar ekonommi digital hampir 700 juta,” ujarnya.

Menurut Menkominfo, pembahasan kali ini merupakan kelanjutan dari kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kerajaan Arab Saudi dan pertemuan G-20 di Davos beberapa waktu lalu.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x