Caleg Partai Golkar Riko Heryanto Perjuangkan Kota Cirebon Jadi Pusat Kawasan Metropolitan Rebana

- 2 Desember 2023, 16:49 WIB
Caleg DPR RI Partai Golkar dari Dapil Jawa Barat VIII, Riko Heryanto.
Caleg DPR RI Partai Golkar dari Dapil Jawa Barat VIII, Riko Heryanto. /Foto: Beritasubang.com/

 

BERITASUBANG.COM - Calon Legislatif (Caleg) DPR RI Partai Golkar dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat VIII, Riko Heryanto, menggelar silaturahmi dengan awak media massa lokal dan nasional di Metland Hotel, Kota Cirebon, Sabtu, 2 Desember 2023.

Dalam kesempatan itu, Riko yang juga Sekjen Dewan Pimpinan Nasional SOKSI
Periode 2017-2022, Ormas Pendiri Partai Golkar, ini menyampaikan visinya ingin menjadikan Kota Cirebon sebagai Pusat Kawasan Metropolitan Cirebon, Patimban, dan Kertajati (Rebana) jika terpilih sebagai anggota DPR RI pada Pemilu 2024.

Rebana merupakan sebuah kawasan metropolitan ketiga di Jawa Barat setelah Bodetabek dan Bandung Raya yang digagas Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil pada Tahun 2020.

Kawasan Rebana sudah ditetapkan melalui Peraturan Presiden No 87 Tahun 2021.

Baca Juga: LBH Jakarta Sebut Demokrasi Telah Dikooptasi

"Seharusnya Rebana menjadikan Kota Cirebon sebagai pusat dari kawasan metropolitan seperti Kota Bandung di kawasan metropolitan Bandung Raya," kata Riko.

Alumnus Fakuktas Teknik Universitas Indonesia (UI) ini menjelaskan,
Kawasan Rebana dengan 7 kota dan kabupaten meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Subang memerlukan pusat metropolitan.

Menurut Riko, seharusnya Kota Cirebon menjadi pusat kawasan dengan argumen bahwa Kota Cirebon adalah satu-satunya kota dari 7 daerah Rebana dengan kelengkapan sarana dan prasarana, profile penduduk serta kegiatan perekonomian yang menunjang untuk menjadikannya sebagai kota metropolitan.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x