Kang Jimat Soal Pemekaran Kabupaten Subang Utara: 'Ini Salah Satu Mimpi bagi Masyarakat Pantura'

- 28 Juni 2023, 22:37 WIB
Bupati Subang Ruhimat mengomentari pemekaran Subang Utara
Bupati Subang Ruhimat mengomentari pemekaran Subang Utara /Dok. Subang.go.id/

BERITA SUBANG - Bupati Subang Haji Ruhimat mengomentari berita terkait realisasi pemekaran wilayah Kabupaten Subang dan berharap pemerintah pusat segera membuka kebijakan moratorium atau penangguhan pembentukan daerah baru.

"Kita semua sepakat dan memberi dukungan untuk terjadinya atau terealisasinya Subang Utara," kata Bupati Subang, yang akrab dipanggil Kang Jimat Selasa, 27 Juni 2023.

Kabari baik terkait pemekaran Kabupaten Subang adalah pengumuman dari Pemerintah Provinsi serta DPRD Jawa Barat yang telah menyetujui pemekaran Kabupaten Subang Utara untuk menjadi calon daerah persiapan otonom baru (CDPOB) di Jawa Barat.

Ada 14 kecamatan terdampak di Subang jika Kabupaten Subang Utara jadi mekar menjadi daerah otonomi baru.

Baca Juga: Pemprov dan DPRD Jawa Barat Setujui Pemekaran Daerah Kabupaten Subang Utara, Ini 14 Kecamatan Terdampak

Pemekaran Kabupaten Subang Utara disetujui rapat paripurna DPRD Jabar pada Selasa kemarin dan hasil rapat tersebut dan akan diusulkan kepada Pemerintah Pusat.

Mimpi masyarakat Pantura

Kang Jimat mengatakan pemekaran Kabupaten Subang menjadi dua, dengan membelah Kota Nanas di wilayah utara menjadi Kabupaten Subang Utara merupakan salah satu mimpi yang akan terwujud bagi masyarakat Pantura khususnya di wilayah Subang.

Menurutnya, Pemkab Subang, yang saat ini menjadi induk pemerintahan sudah siap untuk melakukan pemekaran wilayah. Hal ini menepis keraguan Bupati Subang kurang merespons aspirasi rakyat di wilayah Pantura terkait pemekaran wilayah mereka.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x