Pamanukan Sebrang Industrial Zone, Kawasan Penyangga Pelabuhan Patimban, Bagian dari Rebana Metropolitan

- 16 Februari 2023, 17:59 WIB
Informasi terkait kawasan penyangga Pelabuhan Patimban dapat disimak di artikel di bawah ini
Informasi terkait kawasan penyangga Pelabuhan Patimban dapat disimak di artikel di bawah ini /Dok. video Kementrian Perhubungan Republik Indonesia terkait 'Patimban, Pelabuhan dan Back Up Area/

BERITA SUBANG - Berikut informasi terkait Pamanukan Sebrang Industrial Zone, kawasan penyangga Pelabuhan Patimban, yang merupakan bagian dari kawasan Rebana Metropolitan.

Gubernur Provinsi jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan bahwa pelabuhan Patimban adalah pintu gerbang pembuka lahirnya kawasan metropolitan baru yakni kawasan Rebana, yaitu Cirebon, Patimban, Kertajati untuk Cirebonnya mewakili Ciayumajakuning.

Kawasan Rebana, singkatan dari Kota Cirebon, Patimban (Kota Pelabuhan Baru), Kertajati (Kota Bandara Baru), meliputi seluruh daerah penyangganya seperti Kabupaten Majalengka, Subang, Sumedang, Indramayu dan Kuningan.

Baca Juga: Mulai Memanas, Desakan Pemekaran Subang Utara oleh Warga Pantura, Pelabuhan Patimban Ikut ke Mana?

Kawasan ini layak menjadi atensi khusus investor dari dalam maupun luar negeri karena Presiden Joko Widodo telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 87 tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan.

Pembangunan pelabuhan internasional Patimban oleh pemerintah pusat di Kabupaten Subang, yang termasuk dalam kawasan Rebana Metropolitan akan didukung pengembangan 13 kota baru di sekitarnya, salah satunya Patimban City, atau Kota Maritim Patimban.

Data yang diperoleh oleh tim redaksi terkait Rencana Tata Ruang Kawasan Kota Baru Patimban, menyebutkan bahwa Patimban City didesign untuk mendorong dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Sementara Gubernur Ridwan Kamil pernah mengatakan, bahwa selain sebagai pusat industri, di Patimban City nantinya juga ada perkantoran, hotel, apartemen, ada hutan raya mangrove, lapangan golf, hingga tempat rekreasi dan Masjid Raya.

Pamanukan industrial zone

Di Patimban City, akan ada Pamanukan Sebrang Industrial Zone, yang merupakan kawasan industri penyangga pelabuhan Patimban, ada di koridor utara Subang dan berpotensi mendapat pasokan listrik dari PLTU Indramayu.

Menurut data yang dihimpun oleh tim redaksi, ada beberapa versi terkait jalur kereta api yang akan terkoneksi ke Patimban City.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x