Kompor Multifungsi Hasil Inovasi Prajurit Kodam III Siliwangi Bikin Bupati Subang Kagum, Bisa Lelehkan Logam

- 28 Januari 2023, 23:06 WIB
Bupati Subang Ruhimat melihat demonstrasi kompor Biomas Burner
Bupati Subang Ruhimat melihat demonstrasi kompor Biomas Burner /Dok. Facebook @kodim0605_sbg/

BERITA SUBANG - Ada yang seru dari kegiatan Bupati Subang H. Ruhimat minggu lalu, yakni ketika Komandan Kodim 0605/Subang, Letkol Inf Bambang Raditya mendemonstrasikan produk inovasi prajurit Kodam III/Siliwangi.

Ternyata hasil inovasi prajurit dapat menghasilkan kompor kompor multifungsi yang diberi nama kompor Biomass Burner.

Pada kegiatan yang di depan kantor Makodim 0605/Subang Jumat, 20 Januari 2023, Bupati Subang Ruhimat didemonstrasikan kecanggihan kompor Biomass Burner, yang disebut merupakan tungku hemat energi dengan sistem otomatisasi bahan bakar berupa briket atau kayu bakar.

Disaksikan langsung Bupati Subang H. Ruhimat bersama Kapolres Subang, AKBP Sumarni., dan Sekretaris Daerah Kabupaten Subang serta Danramil Jajaran Kodim Subang, Letkol Inf Bambang menjelaskan bahwa perbandingan penghematan biaya antara Biomass burner menggunakan bahan bakar biomassa adalah 3 (tiga) kali lipat lebih hemat dari pada kompor yang menggunakan gas atau minyak tanah.

"Kompor ini Multifungsi. Selain lebih hemat, kompor ini ramah lingkungan. Menggunakan bahan bakar palet kayu atau bahan bakar biomassa lainnya dan tidak mengandalkan bahan bakar gas. Kompor Biomass ini dapat menghasilkan suhu api di atas 700 derajat Celsius” jelas Dandim 0605 Subang Bambang Raditya, dalam keterangan tertulisnya.

Lebih lanjut Dandim mengatakan kompor tersebut dapat menghasilkan listrik.

"Kompor ini dapat menghasilkan tenaga listrik untuk penerangan dengan lampu LED dan dapat digunakan untuk charging telpon selular” kata Letkol Bambang.

Bupati Subang Ruhimat, yang akrab disapa Jang Jimat, tidak dapat menutupi kekagumannya terhadap kompor yang bahkan mampu mencapai suhu 900 ° C dan melelehkan logam.

Kang Jimat menuturkan kompor biomass tersebut mampu menjadi alternatif bagi masyarakat khususnya para pelaku UMKM.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x