Pedagang dan Pengusaha di Pantura Rugi Miliaran Rupiah Akibat Banjir di Subang

- 3 Maret 2021, 19:02 WIB
Foto banjir di Subang
Foto banjir di Subang /Tim Berita Subang/

BERITA SUBANG - Bencana banjir di Subang beberapa waktu lalu menyebabkan pedagang dan pengusaha di daerah Pantura di kabupaten ini merugi hingga miliaran rupiah.

Hal ini terungkap dari komentar Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Subang Dadang Kurnianudin kepada wartawan. Kata Dadang, peristiwa banjir hingga surut, yakni selama 10 hari beberapa waktu lalu menyebabkan sektor riil merana dan total kerugian terhitung tidak kurang dari Rp10 miliar.

"Itu tidak termasuk sektor usaha lain yang berpotensi (rugi) lebih besar," kata Dadang.

"Kalau kita hitung perputaran uang di pasar tradisional Pamanukan, dan pusat perbelanjaan disekitar flyover saja tidak kurang dari Rp10 milyar," kata Dadang.

Baca Juga: Jabar Bergerak Kabupaten Subang Renovasi Rutilahu, Ketika 'Rumah Layak Salah Satu Ciri Masyarakat Sejahtera'

Selama terendam air sekitar 10 hari, perekonomian masyarakat, transportasi pun lumpuh.

Dadang berharap banjir Pantura tidak terus terulang, terlebih lagi di masa mendatang Subang Pantura akan menjadi megapolitan, dan akan berfungsi sebagai penyangga Pelabuhan Patimban yang berskala internasional.

"Bagi para pedagang, pemerintah tidak bisa membantu kerugian yang dialami akibat banjir kemarin, karena keterbatasan anggaran baik di kabupaten, provinsi dan pusat, akibat pandemi covid-19," kata Dadang. ***

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x