Ganjar Pranowo Ungkap 2 Strategi Cerdas Hilirisasi Nikel untuk Sulawesi Tengah

- 5 Desember 2023, 12:43 WIB
Warga Palu sambut kedatangan Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo.
Warga Palu sambut kedatangan Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo. /Foto: Beritasubang.com/Dok TPN Ganjar-Mahfud/

 

BERITASUBANG.COM - Pemilihan Presiden mendatang tidak hanya sebatas perubahan kepemimpinan, tetapi juga mengenai strategi dan visi pembangunan.

Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, mengungkapkan optimisme dan rencananya untuk mewujudkan pemerataan ekonomi dan pembangunan di Sulawesi Tengah melalui hilirisasi industri nikel.

Sulawesi Tengah (Sulteng), yang kaya akan cadangan nikel, menjadi fokus utama Ganjar Pranowo dalam merancang strategi hilirisasi. Dalam pandangannya, pembangunan ekonomi daerah ini harus sejalan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan melibatkan secara aktif pemerintah serta masyarakat dalam industri nikel.

Ganjar menyatakan keyakinannya bahwa hilirisasi nikel dapat menjadi katalisator pengembangan industri yang lebih maju. Selain mendongkrak nilai ekspor dan devisa negara, nikel memiliki potensi untuk mendorong pengembangan industri hilirisasi, seperti feronikel, stainless steel, dan baterai.

Baca Juga: Mahfud MD Sebut Banyak Pejabat Takut Dikejar KPK, Pengamat: Presiden Jangan Ternak Terduga Koruptor

Dalam sebuah pernyataan di Palu, Sulteng, Senin, 4 Desember 2023, Ganjar Pranowo menjelaskan dua strategi kunci yang harus diterapkan di industri tambang nikel di daerah tersebut. Pertama, menciptakan SDM yang memiliki daya saing global, dan kedua, melibatkan unsur pemerintah dan masyarakat dalam kepemilikan saham.

Ganjar menyoroti Kabupaten Morowali, sebuah daerah dengan luas mencapai 3.037 km2 yang menjadi salah satu penghasil nikel terbesar di Indonesia. Di sini, tambang nikel tersebar di Bahadopi, Bungku Timur, Bungku Pesisir, dan Petasia Timur.

Menurutnya, persiapan sejak dini untuk menciptakan SDM yang berdaya saing tinggi melalui peningkatan kualitas pendidikan, pelatihan keterampilan, dan pengembangan potensi lokal sangat krusial.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x