Modus Pemalsuan KK di Bogor, Keluarga yang Disisipkan Anak Dapat Rp300.000 per Anak

- 30 September 2023, 20:07 WIB
 Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso siap menyelidiki PPDB Kota Bogor yang diwarnai dugaan pungli dan kecurangan.
Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso siap menyelidiki PPDB Kota Bogor yang diwarnai dugaan pungli dan kecurangan. /Foto/Isu Bogor

BERITA SUBANG - Tersangka pelaku sindikat calo pemalsuan identitas anak pada kartu keluarga (KK) untuk mengakali jarak zonasi memberikan keuntungan sebesar Rp300 ribu per anak untuk pemilik kartu keluarga yang disisipkan nama anak.

Hal ini bertujuan agar anak yang akan mendaftar pada jalur zonasi sebagai famili. Modusnya adalah menambah anak dengan keseluruhan empat orang anak yang menumpang alamat di Jalan Selot nomor 13 Kelurahan Paledang Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Padahal sebenarnya alamat tersebut adalah Masjid At-Taqwa.

Untuk peran yang sudah dilakukannya, kata Bismo, MR mendapatkan keuntungan sebesar Rp300 ribu per satu KK. Tersangka tersebut telah melakukan kegiatan tersebut sebanyak 40 kali pada PPBD 2023.

"Dari KK yang didapatkan kedua orang itu, SR melanjutkan proses ke BS yang berperan memodifikasi KK milik orang lain menyisipkan nama anak calon siswa SMP di Kota Bogor sesuai dengan syarat jarak zonasi PPBD," kata Kepala Polresta Bogor Kombes Bismo.

Dia menyebut BS menerima tarif sebesar Rp1,5 juta sampai dengan Rp3 juta dan dirinya telah melakukan hal tersebut sebanyak 50 kali. Selanjutnya karena KK baru yang dibuat BS tahun terbitnya tidak sesuai dengan persyaratan PPBD yakni di bawah satu tahun, maka SR atas rekomendasi BS memalsukan tanggal pembuatan KK menjadi di atas satu tahun kepada tersangka RS.

"RS merubah tanggal penerbitan KK yang disisipkan identitas anak calon siswa SMP atau SMA yang dituju dimundurkan karena untuk memenuhi syarat minimal telah tinggal satu tahun. RS pun mengganti barcode tanda tangan Kepala Disdukcapil," ujarnya.

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x