LBGT Cerita Lama di Kepolisian, Hitam Putih Tidak Pernah Diungkapkan

- 16 Agustus 2022, 13:47 WIB
Ilustrasi LGBT
Ilustrasi LGBT /PIXABAY/Geralt

BERITA SUBANG -Fenomena lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) bukan isu baru di lingkungan TNI-Polri. Hanya saja, hingga kini berbagai persoalan menyangkut penyimpangan orientasi seksual ini, tidak pernah diungkap ke publik secara terbuka.

Tahun 2020, Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta Saputra Pane yang telah wafat 16 Juni 2021 akibat Covid-19, pernah meminta TNI-Polri menyikapi secara tegas terkait fenomena LGBT tersebut.

Menurut Neta, ditubuh TNI terdapat 20 kasus prajurit LGBT yang dibebaskan majelis hakim pengadilan militer. Prajurit tersebut berasal dari Makassar, Bali, Medan, Jakarta.

 Baca Juga: Isu Kaisar Sambo dan Konsorsium 303 Memanas, Irsus Bakal Periksa Tiga Kapolda?

Baca Juga: Kisah Jijik Versi Mahfud MD Tekuak, Bumbu LGBT Hiasi Pembunuhan Berencana Brigadir J

 Neta juga meminta Polri bisa bersikap transparan untuk membuka persoalan LGBT di internalnya agar bisa segera diselesaikan.

Di tubuh Polri terdapat belasan Polisi diduga LGBT, termasuk seorang perwira tinggi berinisial E yang berpangkat Brigadir Jenderal yang ditahan dan diproses oleh Propam Polri.

Saat itu, kasus ini terungkap saat Jenderal Idham Azis baru menjabat sebagai Kapolri.

Kendati demikian, Neta menyayangkan kelanjutan kasus di Propam Polri hingga kini menjadi misteri. Pasalnya, tidak ada transparansi atas kelanjutan kasus tersebut.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x