Punya Dana Besar, Polda Bakal Selidiki Asal Usul Uang Khilafatul Muslimin

- 8 Juni 2022, 06:35 WIB
Pimpinan tertinggi Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Baraja di Polda Metro Jaya. Setelah menyandang status tersangka, kini ditahan di Rutan PMJ.
Pimpinan tertinggi Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Baraja di Polda Metro Jaya. Setelah menyandang status tersangka, kini ditahan di Rutan PMJ. /PMJ News/ Yeni

 

BERITA SUBANG- Polda Metro Jaya mengungkapkan bahwa kelompok Khilafatul Muslimin yang dipimpin Abdul Qadir Baraja tidak terdaftar sebagai organisasi masyarakat (ormas) di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Menurut Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi bukti terkait legalitas Khilafatul Muslimin yang tak terdaftar sebagai ormas itu didapatkan dari hasil penyelidikan.

"Pertama Ormas ini kan ada dua kategori. Pertama ada yang sifatnya perkumpulan. Namun khusus Khilafatul Muslimin ini tidak terdaftar," kata Hengki dalam konferensi pers, Selasa 7 Juni 2022.

 Baca Juga: Abdul Qadir, Pimpinan Khilafatul Muslimin Pernah Ditangkap Terkait Kasus Terorisme

Hengki justru mengungkap satu fakta di mana kelompok Khilafatul Muslimin ini terdaftar sebagai yayasan. Namun ada dana operasional dari yayasan ini diketahui sangat besar.

"Tapi ada kategori yayasan. Khilafatul Muslimin ini ada, dan ini sedang kami sidik secara berkesinambungan," jelasnya.

Sebelumnya, polisi mengetahui Khilafatul Muslimin bergerak dan melakukan kegiatan dengan didukung sumber dana operasional yang sangat besar.

Baca Juga: Leader of the Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Hasan Baraja Arrested, Ties to Terrorism Revealed

Baca Juga: Pemkot Kota Bogor Tidak Ketahui Ada SD Negeri Cawe-cawe Pungut Biaya Kelulusan

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x