BLT UMKM 2022 Segera Cair, Ini Besarannya

- 6 April 2022, 08:49 WIB
Petugas memberikan bansos 2022. Selain PKH dan BPNT, pemerintah kembali mencairkan BSU dan BLT UMKM. /Raisan Al Farisi/Antara
Petugas memberikan bansos 2022. Selain PKH dan BPNT, pemerintah kembali mencairkan BSU dan BLT UMKM. /Raisan Al Farisi/Antara /

BERITA SUBANG - Pemerintah akan meneruskan program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) alias BLT UMKM pada 2022.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, BLT UMKM diagendakan berlanjut, menyusul bantuan subsidi upah Rp1 juta kepada pekerja bergaji di bawah Rp3,5 juta.

"Tadi juga ada usulan Banpres untuk usaha mikro (BLT UMKM) yang nanti juga akan diagendakan," kata Airlangga dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa 5 April 2022.

 Baca Juga: Catat, Ini Kriteria Penerima BLT Minyak Goreng Rp300 Ribuan

Terkait besaran bantuan, Airlangga mengatakan uang yang diterima pelaku usaha mencapai Rp600.000 per penerima. Menurut Menko, pemerintah menyasar bantuan itu sama dengan bantuan kepada Pedagang Kaki Lima (PKL), pemilik warung, dan nelayan.

"Ini sama juga dengan PKLWT dan sasarannya 12 juta-an (penerima)," jelas dia.

Selain BLT UMKM, pemerintah menyiapkan beragam bantuan lain yang masuk dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), baik bansos reguler maupun bansos yang hadir saat pandemi Covid-19.

 Baca Juga: Sabun Pencuci Najis Natura Buatan ITB dibanderol Rp25 ribu per 100 ml

Bansos tersebut berupa Kartu Sembako kepada 18,8 juta (KPM), lalu PKH dengan tambahan 2 juta KPM, BLT minyak goreng Rp300.000 untuk tiga bulan atau Rp100.000 per bulan, dan yang teranyar bantuan subsidi upah Rp1 juta.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x