Anggaran Penanganan Stunting 2022 Rp25 T, Komunitas AHaD: Perlu Monitoring dan Evaluasi

- 25 Januari 2022, 23:22 WIB
Peringati Hari Gizi, DPC Persagi Kabupaten Tegal Gelar Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas
Peringati Hari Gizi, DPC Persagi Kabupaten Tegal Gelar Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas /dinkes.kab.tegal

BERITA SUBANG - Komunitas Asa Hari Depan atau AHaD, menyambut baik peran pemerintah dalam pencegahan stunting dan obesitas pada peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) 25 Januari 2022 ini, ditengah masa pandemi Covid 19, meski anggaran untuk pencegahan stunting sebesar Rp25 triliun.

Ketua Pendiri AHaD DR.dr. Carmen M. Siagian mengatakan peringatan Hari Gizi Nasional 2022 merupakan momentum penting ditengah gencar-gencarnya pemerintah membangun masyarakat yang sehat melalui gizi seimbang dalam mencegah stunting dan obesitas.

"Peringatan HGN 2022 ini momentum yang tepat untuk mengajak dan mendorong masyarakat menerapkan prilaku hidup sehat dan gizi seimbang dalam rangka mewujudkan hidup sehat, cerdas dan produktif, menuju generasi emas 2045," kata Carmen Siagian dalam keterangannya, Jakarta, 25 Januari 2022.

Baca Juga: Menuju Zero Stunting Atasi Masalah Gagal Tumbuh, Dokter Carmen Edukasi Kader Posyandu Sukaresmi Kota Bogor

Carmen menekankan ini dengan tidak adanya lagi stunting tahun 2045, diharapkan dapat mewujudkan cita-cita bangsa dalam membangun Sumber Daya Manusia yang berkualitas, yang nantinya tepat di usia 100 tahun kemerdekaan Indonesia.

"Ayo mari kita canangkan generasi milenial menuju zero stunting, melalui gizi seimbang yang merupakan pilar kecerdasan anak bangsa," imbuh dokter ahli gizi tersebut.

Carmen yang juga peneliti di LPPM UKI itu mengusulkan ditengah upaya pemerintah dalam mencegah stunting melalui program sensititas dan spesifitas yang diantaranya adalah peningkatan gizi masyarakat melalui program pemberian makanan tambahan (PMT) seyogyanya diimbangi dengan melakukan evaluasi dan monitoring dalam pelaksanaan pencegahan stunting tersebut, apalagi anggaran yang dinilai cukup besar.

"Kalau tidak salah pada tahun 2022 anggaran stunting sekitar Rp25 triliun. Presiden Jokowi sendiri menargetkan penurunan stunting di Indonesia hingga tahun 2024 sebesar 14 persen, hal itu bisa saja tercapai. Namun, kami mengusulkan perlu adanya monitoring dan evaluasi melalui penelitian dari program yang sudah dijalankan oleh pemerintah saat ini," ucap Carmen.

Baca Juga: Wakil Bupati Subang Kang Akur Harap Puskesmas di Masing-masing Kecamatan Kerjasama Turunkan Stunting

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x