Jakarta Darurat Omicron, Kasus Aktif Capai 6 Ribu Lebih

- 22 Januari 2022, 07:48 WIB
Booster Tak Ampuh? Uni Eropa Diminta Mempersiapkan Dosis Keempat Vaksin Covid-19 untuk Melawan Omicron
Booster Tak Ampuh? Uni Eropa Diminta Mempersiapkan Dosis Keempat Vaksin Covid-19 untuk Melawan Omicron /REUTERS/Yves Herman

BERITA SUBANG- Kasus Covid-19 di Indonesia terus melonjak dan Jakarta menjadi kota dengan kasus Omicron  paling banyak.

Hingga Jumat 21 Januari 2022, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencatatkan peningkatan jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 yang cukup signifikan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia mengatakan, berdasarkan data terkini Dinas Kesehatan, jumlah kasus aktif di Jakarta naik sejumlah 834 kasus, sehingga jumlah kasus aktif menjadi 6.476 orang.

Baca Juga: NU : Ancaman Negara Islam Indonesia Serius, Pemerintah Harus Tegas

"Perlu digarisbawahi bahwa 4.633 orang dari jumlah kasus aktif (71,5 persen) merupakan transmisi lokal, sedangkan sisanya adalah pelaku perjalanan luar negeri," ujar Dwi.

"Sementara itu, kasus positif baru berdasarkan hasil tes PCR hari ini bertambah 1.484 orang sehingga total 875.743 kasus, yang mana 1.253 di antaranya (84,4 persen) juga merupakan transmisi lokal," kata dia.

Baca Juga: Ibu Satu Anak tawarkan Ginjal untuk Bayar Utang ke Rentenir

Dwi turut mengimbau agar masyarakat juga mewaspadai penularan Varian Omicron yang kini juga meningkat di Jakarta. Dari 1.177 orang yang terinfeksi, sebanyak 827 orang adalah pelaku perjalanan luar negeri, sedangkan 350 lainnya adalah transmisi lokal.

Menurut dia, upaya 3T terus digalakkan, selain vaksinasi Covid-19 yang juga masih berlangsung dengan cakupan yang lebih luas. Data Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat, dilakukan tes PCR sebanyak 22.085 spesimen.***

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x