Ini Latar Belakang Wacana Pembentukan Pusat Studi Perdamaian Dunia oleh NU

- 26 Desember 2021, 14:46 WIB
Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama
Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama /Dok. NU Online (nu.or.id)/

BERITA SUBANG - Wacana pembentukan Pusat Studi Perdamaian Dunia untuk partisipasi aktif Nahdlatul Ulama terkait penyelesaian konflik internasional ternyata merujuk pada lambang NU yang menggunakan simbol bola dunia.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Komisi Program Muktamar ke-34 NU, Rumadi Ahmad pada Kamis, 23 Desember 2021 lalu. Ia mengatakan simbol bola dunia merupakan tanda bahwa para kiai pesantren waktu itu juga berpikiran global sehingga, tidak aneh jika NU mempunyai visi global tentang perdamaian umat manusia.

"Kita perhatikan saja lambang NU. Di situ tergambar dengan jelas visi global NU menciptakan perdamaian dunia lewat kader-kader NU yang mempunyai kemampuan diplomasi dan resolusi konflik," ungkapnya.

Konflik di Afghanistan

Organisasi Islam terbesar di Indonesia ini memiliki rekam jejak yang kongkrit dalam kontribusinya menyelesaikan berbagai konflik global, seperti berkontribusi yang kini sedang dalam proses adalah membantu perdamaian di Afghanistan.

Beberapa kiai NU pernah datang ke Afghanistan untuk berdialog, silaturahmi, dan memberi pengertian pentingnya perdamaian.

Melalui berbagai upaya tersebut, muncul inisiasi damai antar-kabilah atau suku di negara itu yang dimoderasi oleh kiai-kiai pesantren.

NU tercatat telah menawarkan berbagai ide serta mekanisme perdamaian agama dan negara, yang merujuk kepada kehidupan keislaman-kebangsaan.

Proses perdamaian tersebut terus berlangsung hingga kini, bahkan kini telah terbentuk NU Afghanistan, yang ternyata merupakan pelopor perdamaian serta rumah bersama antarmuslim di negara rawan konflik tersebut.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x