Setia Untung Serahkan Petaka PJI ke Amir Yanto, Ini Pesan Wakil Jaksa Agung Kepada Ketum PJI 2022-2024

- 16 Desember 2021, 21:12 WIB
Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi menyerahkab Petaka kepada Ketua Umum Baru PJI Amir Yanto
Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi menyerahkab Petaka kepada Ketua Umum Baru PJI Amir Yanto /Foto: SetiaUntungOfficial/beritasubang.com

BERITA SUBANG - Setia Untung Arimuladi telah mengakhiri masa jabatannya sebagai Ketua Umum Persatuan Jaksa Indonesia atau PJI pada Musyawarah Nasional atau Munas PJI 2021, tampuk kekuasaan itu diserahkan kepada pengantinya Amir Yanto yang saat ini menjabat sebagai Jaksa Agung Muda bidang Pengawasan pada Kejaksaan Agung.

Setia Untung yang juga Wakil Jaksa Agung itu berpesan kepada penggantinya bahwa keberadaan PJI diharapkan mampu menjadi fasilitator guna menciptakan sosok Jaksa sebagai abdi hukum yang profesional, bersih, bermartabat, dan terpercaya, sehingga dapat meminimalisir segala bentuk perbuatan tercela dan perilaku tidak terpuji yang dilakukan oleh para anggotanya.

“PJI diharapkan dapat menjadi katalisator bagi terciptanya agen perubahan (agen of change) terhadap pembentukan sikap profesionalitas Jaksa, untuk selalu melandaskan tugasnya pada kompetensi dan kapabilitas yang ditunjang dengan pengetahuan dan wawasan yang luas serta pengalaman kerja yang memadai dengan tetap berpegang teguh pada aturan, kode etik profesi, dan hati nurani,” ucap Setia Untung dalam penutupan Munas PJI 2021 dalam keterangannya, Jakarta, Kamis 16 Desember 2021.

Baca Juga: Jaksa Agung Apresiasi Kinerja PJI di Bawah Ketum Setia Untung, Burhanuddin Usul PJI Ganti Nama Jadi Persaja

Sebelumnya Ketua Umum PJI periode 2019-2021 dikomandoi oleh Setia Untung Arimuladi yang dikenal sebagai inisiator Reformasi Birokrasi Pembangunan Zona Integritas WBK WBBM di institusi Kejaksaan yang berhasil menyabet penghargaan dari Kementerian PAN-RB pada 2018 dan 2019 silam.

Pada Munas PJI 2021 dari empat calon Ketua Umum, Amir Yanto memperoleh suara terbanyak dari tiga calon lainnya yaitu Bambang Sugeng Rukmono selaku Jaksa Agung Muda Pembinaan, Asep Mulyana selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, dan Katarina Endang Sarwestri selaku Kepala Biro Kepegawaian Kejaksaaan Agung.

Pada Munas PJI 2021 itu Setia Untung berharap kepada anggota PJI jadilah insan Jaksa yang mampu menjadi teladan dan role model di dalam pergaulan masyarakat dan juga keluarga, dengan menjaga integritas, bersikap profesional, dan penuh tanggung jawab.

"Selain itu dapat mengaktualisasikan dirinya sebagai bagian dari insan adhyaksa yang baik, teruji, terpuji dan mumpuni, dan mampu membuat lembaga yang kita cintai bersama, Kejaksaan RI menjadi sebuah institusi penegak hukum yang berwibawa, dihargai, diperhitungkan, dihormati dan dicintai masyarakat," ucap Setia Untung.

Secara khusus dia menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Amir Yanto sebagai Ketua Umum PJI periode 2022-2024, dan berharap semoga dengan kepemimpinan yang baru, mampu membawa organisasi PJI menjadi organisasi yang modern dan maju.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah