Strategi Politik Ridwan Kamil di Pilkada: 'Low Budget High Impact', Dapatkah Digunakan di Pilpres 2024?

- 5 Desember 2021, 12:41 WIB
Ridwan Kamil menjadi narasumber dalam talkshow bertajuk 'Klarifikasi Forum Pimred PRMN Bertanya Ridwan Kamil Menjawab: Jabar 2 Periode atau Maju RI 1?' di Kawasan Prambanan, Yogyakarta, Kamis 2 Desember 2021.
Ridwan Kamil menjadi narasumber dalam talkshow bertajuk 'Klarifikasi Forum Pimred PRMN Bertanya Ridwan Kamil Menjawab: Jabar 2 Periode atau Maju RI 1?' di Kawasan Prambanan, Yogyakarta, Kamis 2 Desember 2021. /Dok PRMN

BERITA SUBANG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil buka-bukaan terkait strategi politiknya masa lalu ketika ia berhasil memenangi Pilgub di Jabar dan Pilwakot di Kota Bandung.

Gubernur yang akrab dipanggil Kang Emil tersebut mengungkapkan beberapa hal dalam acara bertajuk 'Klarifikasi Forum Pemred PRMN Bertanya Ridwan Kamil Menjawab' di Kawasan Prambanan, Yogyakarta, Kamis, 2 Desember 2021 yang diselenggaran Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) sebagai rangkaian acara hari jadi.

Ia mengibaratkan bak permainan sepak bola, ia lebih memilih menang 1-0 daripada menang 12-0.

"Saya memilih menang 1-0 saja, sama-sama dapat piala. Apa artinya? Saya urus yang daerah saya menang, saya lepas daerah yang saya cenderung kalah," kata Ridwan Kamil.

Modal sedikit

"Makanya, menangnya secukupnya saja tapi modal sedikit. Tapi kan sama jadi Gubernur, ketimbang harus seluruh desa didatangi dengan segala cara," ucapnya.

Ridwan Kamil membuka cara dan strategi politiknya, yang ia ungkapkan dalam bahasa Inggris low budget, high impact.

Ditanya terkait Pilpres 2024, Ridwan Kamil mengatakan ia cukup percaya diri untuk bertarung di arena politik nasional, berbekal dua kali menang pemilikan kepala daerah. 

"Gini, saya kan dua kali Pilkada dan menang. Saya sedang berdoa mudah-mudahan tidak pernah ada track record kalah," kata Kang Emil.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x