Bukan Cuma Puan Maharani, Ini 9 Tokoh Wanita yang Layak Masuk Bursa Capres

- 25 November 2021, 09:46 WIB
Ibu Negara Iriana Joko Widodo
Ibu Negara Iriana Joko Widodo /Dok / Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

BERITA SUBANG - Diah Permata Megawati Setiawati Soekarnoputri atau yang dikenal sebagai Megawati Soekarnoputri merupakan Presiden Indonesia kelima yang menjabat sejak 23 Juli 2001 sampai 20 Oktober 2004.

Megawati merupakan presiden wanita Indonesia pertama dan putri dari presiden Indonesia pertama, Soekarno, yang kemudian mengikuti jejak ayahnya menjadi Presiden Indonesia.

Pada 20 September 2004, ia kalah suara dari Susilo Bambang Yudhoyono dalam Pemilu Presiden 2004 putaran yang kedua.

Baca Juga: Yaqut Cholil dan Muhaimin Iskandar Berpeluang Maju di Bursa Capres 2024

Megawati kabarnya kini tengah menyiapkan putrinya. Puan Maharani yang kini menjabat sebagai ketua DPR sebagai calon Presiden 2024 dari PDIP.

Berdasarkan hasil survei, sebenarnya ada cukup banyak tokoh wanita yang layak masuk dalam bursa capres. Selain Puan Maharani, nama-nama yang cukup menonjol diantaranya Yenny Wahid, Iriana Jokowi, Susi Pujiastuti, dan Sri Mulyani.

Maka bukan tidak mungkin, kedepan Negara Kesatuan Republik Indonesia bakal dipimpin oleh wanita lagi. Beberapa tokoh perempuan pun digadang-gadang memiliki potensi menjadi Presiden.

Tokoh perempuan Nahdlatul Ulama (NU) Yenny Wahid menjadi salah seorang figur dari sembilan tokoh perempuan berpotensi maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

Hal itu terungkap dalam hasil survei Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) di mana sembilan nama tokoh perempuan yang layak maju sebagai capres yang dikutip di Jakarta, belum lama ini.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x