Komisi E DPRD DKI : Anies Baswedan Lebih Pentingkan Balap Mobil Dibandingkan Penanganan Banjir

- 9 November 2021, 13:04 WIB
Gubernur Anies Baswedan masalah anggaran dana Formula E
Gubernur Anies Baswedan masalah anggaran dana Formula E /Tangkap layar Twitter.com/ @FerdinandHaean3

BERITA SUBANG - Politikus PSI  Anggara Wicitra Sastroamidjojo mengaku heran dengan keputusan Gubernur Anies Baswedan  meminjam uang untuk kepentingan pembiayaaan Formula E ketimbang melakukan penanggulangan banjir.

Anggara Wicitra yang menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi E Bidang Kesra DPRD DKI Jakarta  mengungkapkan bahwa Dinas Pemuda dan Olahraga DKI berutang 10 juta poundsterling atau Rp 180 miliar ke Bank DKI pada 2019. Namun di tahun yang sama, pemerintah DKI malah membatalkan anggaran Rp 160 miliar untuk pembebasan lahan normalisasi Ciliwung.

"Ini menunjukkan bahwa Pak Gubernur Anies lebih mementingkan acara balap mobil dibandingkan mengatasi banjir," kata dia, Minggu 8 November 2021.

Baca Juga: Iri Jakarta Sejahtera, Tokoh NTT Usung Anies Baswedan Sebagai Capres 2024

Anies menerbitkan surat kuasa untuk Kepala Dispora DKI Achmad Firdaus agar meminjam uang kepada Bank DKI. Uang itu dipakai demi perhelatan Formula E di Ibu Kota. Kuasa Anies tertuang dalam surat nomor 747/-072.26 tertanggal 21 Agustus 2019.

Sementara itu di tahun yang sama, Anies Baswedan melakukan pembatalan pembebasan tanah di bantaran kali Ciliwung pada 2019 dengan alasan defisit anggaran.


Demi gelaran Formula E di Jakarta, ia malah membatalkan normalisasi sungai yang nilai anggarannya Rp 20 miliar lebih kecil dari angka tersebut yaitu Rp160 miliar.

Baca Juga: Viral, Pemilik Warteg di Pasar Pramuka Tekor Usai Dikunjungi Gubernur Anies Baswedan

Anggaran normalisasi untuk mengatasi banjir Jakarta sebesar Rp160 miliar yang dibatalkan awalnya akan digunakan Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta untuk pembebasan 118 bidang tanah di bantaran Sungai Ciliwung yang berlokasi di Kelurahan Pejaten Timur, Tanjung Barat, Cililitan, dan Balekambang.

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x