Dampak Banjir Sintang: Pengungsi Mulai Gatal-gatal dan Kurang Penerangan

- 7 November 2021, 14:16 WIB
Tri Rismaharini didampingi Lasarus Ketua Komisi V DPR RI saat mengunjungi Sintang
Tri Rismaharini didampingi Lasarus Ketua Komisi V DPR RI saat mengunjungi Sintang /

BERITA SUBANG - Banjir masih menggenangi sejumlah kecamatan di Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat. Sebanyak 12 kecamatan terdampak banjir yang sudah terjadi sejak Kamis pagi 21 Oktober 2021 atau sekitar lima pekan lalu. Banjir saat itu dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi sehingga debit air Kapuas dan Melawi meluap.

Sejumlah pengungsi Banjir di Sintang mulai mengeluhkan sakit gatal, kekurangan penerangan, terpal matras, dan obat-obatan.

Baca Juga: 4 Cara Sehat Mencegah Berbagai Serangan Penyakit yang Datang di Musim Hujan

Saat menyalurkan bantuan di sejumlah tempat terdampak banjir Sumjulia relawan dari My Home Sintang mengatakan, selain makanan mereka juga kekurangan air bersih, lilin untuk penerangan, dan terpal untuk berlindung.

“Kami menemukan banyak yang meminta obat gatal, lilin dan air bersih, ada juga pengungsi terlewatkan belum menerima bantuan padahal berada dipinggiran kota. Namun juga ada yang justru menumpuk, saat ini mereka memerlukan air bersih, kita juga sedang mencari air galon tapi mulai kosong,” katanya, Sabtu 6 November 2021.

Baca Juga: Waspada Musim Hujan, 7 Penyakit Ini Sering Mengintai Saat Banjir dan Hujan

Relawan Myhome Sintang, kata Sumjulia menyusuri pinggiran Kapuas dan mencari data melalui media sosial untuk mencari korban banjir yang memerlukan bantuan.

"Kami sebelumnya berinisitif secara pribadi namun saat ini kami berkoordinasi bersama dinsos dalam memeberikan bantuan," tambahnya.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan dan Krisis Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Asni Firmania mengatakan, pihaknya akan terus melakukan layanan jemput bola pada saat banjir mulai menghambat transportasi darat di Sintang.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x