BREAKING NEWS: Jokowi Ajukan Andika Perkasa sebagai Calon Panglima TNI

- 3 November 2021, 12:35 WIB
KASAD Andika Perkasa disebut jadi calon kuat untuk naik jadi Panglima TNI
KASAD Andika Perkasa disebut jadi calon kuat untuk naik jadi Panglima TNI /Instagram @tni_angkatan_darat

BERITA SUBANG - Setelah lama ditunggu, Presiden Jokowi akhirnya mengirimkan Surat Presiden (Surpres) ke DPR terkait calon pergantian Panglima TNI,Rabu 3 November 202.

Surpres yang diantar langsung oleh Mensesneg, diterima langsung Ketua DPR Puan Maharani. Terlihat pula wakil ketua DPR lain yang mendampingi seperti Lodewijk F Paulus dan Rachmat Gobel.

Dalam surpres yang dibacakan langsung oleh Ketua DPR, Jokowi mengusulkan calon tunggal Panglima TNI, yakni KSAD Jenderal Andika Perkasa.

Baca Juga: Kajari Kuansing Hadiman 'Dipermalukan' Tersangka Indra Agus di Pengadilan, Jaksa Agung Ancam Baka Copot!

Andika diajukan menggantikan Panglima TNI saat ini, Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun bulan November ini.

"Pada suratnya, Presiden Jokowi mengusulkan hanya satu nama Panglima untuk dapat mendapatkan persetujuan dari DPR. Karena itu, pada hari ini, melalui Pak Mensesneg, Presiden telah menyampaikan usulan atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa," kata Puan Maharani dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di Gedung DPR, Rabu 3 November 2021.

Adapun setelah Surpres diterima pimpinan DPR, Komisi I DPR akan menggelar fit and proper test untuk menguji Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI.

Apabila disetujui, Andika Perkasa akan segera disahkan dalam rapat paripurna DPR sebagai Panglima TNI yang baru. Kemudian DPR kembali mengirim surat ke Jokowi untuk proses pelantikan sebagai Panglima TNI baru.

Surpres yang dikirim Jokowi kepada DPR menjadi jawaban teka-teki yang selama ini bergulir di masyarakat terkait nama Panglima TNI baru pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto.***

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x