Panglima TNI Menyampaikan Bahwa Faktor Keamanan Menjadi Hal Utama Kesuksesan PON XX 2021 Papua

- 29 September 2021, 15:06 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam rapat kesiapan pengamanan PON XX 2021 Papua.
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam rapat kesiapan pengamanan PON XX 2021 Papua. /Dok. PMJ News/

BERITA SUBANG - Kesuksesan acara Pekan Olahraga Nasional XX 2021 (PON XX 2021) yang dilaksanakan di daratan Papua akan menjadi perhatian termasuk dalam skala internasional yang kemungkinan akan menjadi tempat pergelaran event lainnya.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan kesuksesan penyelenggaraan PON XX 2021 Papua menjadi momen untuk TNI dan Polri dalam membuktikan bahwa Papua merupakan provinsi di Indonesia yang aman dan damai serta dapat menjadi venue bahkan untuk event sebesar Pekan Olahraga Nasional.

"Kesuksesan penyelenggaraan PON XX Papua merupakan momen emas, bagi TNI-Polri, untuk membuktikan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di Papua kondusif," kata Marsekal Hadi Tjahjanto dari Stadion Lukas Enembe, Jayapura.

"Dengan demikian, maka faktor keamanan menjadi hal utama yang harus dipenuhi selama pelaksanaan PON XX Papua," ujarnya pada hari Rabu, 29 September 2021.

Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan bahwa pengamanan tempat pertandingan, kelancaran jalannya pertandingan, pengamanan VVIP saat pembukaan dan penutupan, akan menjadi perhatian besar.

Ia juga memaparkan bahwa pengamanan atlet dan kontingen, pengamanan penonton, serta pengamanan masyarakat luas juga tentu saja akan menjadi perhatian besar.

Panglima TNI juga menyampaikan bahwa Kapolda dengan bantuan Pangdam harus memperkuat komunikasi serta kolaborasi dan juga koordinasi dalam mengamankan kelancaran PON XX 2021 Papua ini.

Ini merupakan tantangan yang besar, ditambah dengan pandemi Covid-19 yang sedang terjadi, di mana acara yang melibatkan ribuan orang memiliki potensi gangguan keamanan ditambah risiko besar penularan Covid-19.

"Pembukaan PON XX Papua nanti, akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo. Acara tersebut akan menjadi perhatian nasional bahkan internasional," ujar Marsekal Hadi Tjahjanto.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x