Festival Musik Tradisional Danau Toba 2021 Fokus di Isu Alih Generasi

- 31 Oktober 2021, 23:09 WIB
Ilustrasi rumah adat di Danau Toba
Ilustrasi rumah adat di Danau Toba /Kamsari/Dok. Birkom Publik Kementerian PUPR

BERITA SUBANG- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan menggelar Festival Musik Tradisional Indonesia (FMTI) di Danau Toba, Sumatra Utara pada 26 Oktober 2021.

Pada Festival Musik Tradisional Danau Toba, Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengapresiasi secara khusus penampilan anak-anak dalam pertunjukan di festival.

Ia mengatakan, karya seni anak-anak tersebut menjadi salah satu simbol dari merdeka belajar.

“Saya sangat mendukung kemerdekaan dalam belajar. Saya senang sekali malam ini dapat melihat adik-adik mementaskan pertunjukan dengan karya yang memukau dan berinovasi dengan berbagai macam elemen musik sehingga adat dan inovasi berbaur dengan cara yang luar biasa,” ujar Nadiem pada puncak Festival Musik Tradisional Danau Toba di SMPN 1 Harian, Kabupaten Samosir.

Baca Juga: Nadiem Makarim Siap Basmi Tiga Dosa yang Coreng Dunia Pendidikan, Kekerasan Seksual Salah Satunya

Nadiem menambahkan, salah satu rekomendasi penting dari Kongres Musik Tradisi Nusantara yang berlangsung pada September 2021 adalah menyediakan dan memasukkan pembelajaran musik tradisi Nusantara dalam pendidikan formal dan informal agar anak-anak Indonesia juga kelak menjadi pelestari budaya.

Kolaborasi antargenerasi dalam Festival Musik Tradisional Danau Toba juga menjadi salah satu upaya pemajuan kebudayaan yang penting untuk dijaga keberlanjutannya.

“Kita sudah melihat sendiri malam ini, bahwa dengan berkolaborasi, kita mampu bergerak bersama memajukan kebudayaan. Mari wujudkan Indonesia yang bahagia dengan merdeka berbudaya,” katanya.

Baca Juga: Musik Tradisional dari Jawa Barat, 'Angklung in The Soul' Genre Rock Alternatif bagi Kawula Muda

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah