Disebut Menteri Semua Urusan, Jokowi Tetap Tunjuk Luhut Jadi Ketua Komite Kereta Cepat

- 12 Oktober 2021, 15:52 WIB
Direktur Eksekutif Lokatarh Haris Azhar (kiri) dan Menkomarves Luhut Binsar Panjaitan (kanan)
Direktur Eksekutif Lokatarh Haris Azhar (kiri) dan Menkomarves Luhut Binsar Panjaitan (kanan) /Foto Haris Azhar: Akun Youtube/Foto Luhut: Humas Kemenkomarves

BERITA SUBANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Luhut Binsar Panjaitan untuk memimpin Komite Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga menilai penunjukan tersebut memberi kesan Luhut memang orang yang paling dipercaya Jokowi.

"Jokowi terkesan merasa nyaman bila pekerjaan strategis diserahkan kepada Luhut,"  kata M. Jamiluddin Ritonga dalam keterangannya, Jakarta, Selasa 12 Oktober 2021.

Sepertinya kata Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) IISIP 1996-199 itu menilai ada keyakinan bagi Jokowi, semua pekerjaan yang diberikan kepada Luhut akan dapat diselesaikan dengan baik.

Baca Juga: Jokowi Tunjuk Luhut Pimpin Komite Kereta Cepat Jakarta Bandung

Karena itu, di masyarakat Luhut kerap disebut menteri semua urusan. Pokoknya, semua yang diurus Luhut seolah-olah akan beres.

Kepercayaan yang besar terhadap Luhut kata dia tentu dapat memberi kesan kurang baik terhadap kabinet Presiden Jokowi. Bisa jadi, anggota kabinet lain tidak berkenan atas kepercayaan yang berlebihan kepada Luhut, terutama anggota kabinet yang kemampuannya lebih baik daripada Luhut.

"Selain itu, kepercayaan kepada Luhut dapat memberi dua makna," ujarnya.

Pertama, kata dia Luhut diberi banyak jabatan karena Jokowi kemungkinan menilainya memiliki banyak bakat (multitalenta). Luhut dianggap sosok serba bisa untuk memimpin lembaga berbagai bidang, dan Jokowi yakin akan berhasil.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x