Benarkah Harga BBM Turun Bulan Ini? Berikut Penjelasannya

- 4 Oktober 2021, 16:01 WIB
Ilustrasi SPBU. Bahan Bakar Minyak (BBM)
Ilustrasi SPBU. Bahan Bakar Minyak (BBM) /Dok Kabar Priangan/ Asep MS/

BERITA SUBANG - Beredar kabar bahwa di awal bulan Oktober ini harga BBM mengalami penurunan. Hal tersebut ternyata benar adanya, PT Pertamina Persero mengumumkan ada beberapa jenis BBM yang mengalami penurunan harga per awal bulan Oktober ini.

Penurunan harga ini salah satunya diberlakukan terhadap BBM jenis Pertamax Turbo (RON 98). Bulan ini harga BBM jenis tersebut mengalami penurunan harga yang lumayan signifikan dari harga di bulan September lalu.

Mengutip dari pikiranrakyat.com, Senin 4 Oktober 2021 menyebutkan pada bulan September lalu harga BBM jenis Pertamax Turbo berada di kisaran Rp 12.300 per liter. Namun pada Sabtu, 2 Oktober 2021 lalu.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh pihak Pertamina melalui situs resminya yang mengumumkan adanya penurunan harga sebesar Rp300 rupiah. Hal tersebut menjadikan harga BBM jenis Pertamax Turbo di bulan ini berubah menjadi Rp12.000 per liternya.

Sebelumnya Harga BBM jenis Pertamax turbo dan Permainan Dex sempat mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Hal tersebut berdasarkan Keputusan Menteri ESDM No 62 K/12/MEM/2020 pada 28 Februari 2020 lalu.

Baca Juga: Permudah Beli BBM Bersubsidi Untuk Kendaraan Truk, BRI Gandeng Aptrindo Pakai BRIZZI Fuel Card

Penurunan Pertamina tersebut ternyata berdampak terhadap rival mereka dalam industri Bahan Bakar Minyak. Shell dalam hal ini melakukan penurunan harga terhadap beberapa jenis BBM nya.

Salah satu jenis BBM yang juga mengalami penurunan harga ialah V Power Nitro+. Semula pada bulan September lalu BBM jenis ini dijual dengan harga Rp12.310 per liter.

Imbas dari penyesuaian harga, Bulan Oktober ini pihak Shell menjualnya dengan harga Rp12.270 per liter.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah