Kecanggihan Pesawat Tempur F 16 Sebagai Multi Peran Dipakai Angkatan Udara

- 2 September 2021, 16:07 WIB
TNI Angkatan Udara dan United State of Pacific Air Force (US PACAF) menggelar latihan gabungan bertitel 'Bomber Exercise' di atas Laut Sulawesi.
TNI Angkatan Udara dan United State of Pacific Air Force (US PACAF) menggelar latihan gabungan bertitel 'Bomber Exercise' di atas Laut Sulawesi. /Foto: Dispen TNI AU/

BERITA SUBANG - Pesawat tempur F 16 Fighting Falcon sebagai jet tempur multi-peran supersonik yang dikembangkan oleh perusahaan General Dynamics saat ini telah di akuisisi oleh Lockheed Martin, untuk AU Amerika Serikat.

Awalnya pesawat tempur F 16 dirancang sebagai pesawat tempur superioritas udara tetapi kemudian berevolusi menjadi pesawat tempur multi-peran.

Kemampuan pesawat tempur F 16 untuk dapat dipergunakan di segala misi dan membuatnya menjadi sangat sukses di pasar ekspor, dan dipakai oleh 24 negara selain Amerika Serikat.

Baca Juga: TNI AU dan US PACAF Gelar Latihan Gabungan Bomber Exercise di Atas Laut Sulawesi

Pesawat ini telah dipakai oleh 25 Angkatan Udara dari berbagai negara. pesawat tempur F 16 adalah proyek pesawat tempur Blok Barat yang paling unggul, dengan jumlah sekitar 4000 unit pesawat tempur F 16 telah diproduksi sejak tahun 1976.

Kehebatan pesawat tempur F 16 sendiri dikenal memiliki kemampuan tempur di udara yang sangat baik.

F-16 A/B awalnya dilengkapi Westinghouse AN/APG-66 Pulse-doppler radar, Pratt & Whitney F100-PW-200 turbofan, dengan 14.670 lbf (64.9 kN), 23.830 lbf (106,0 kN) dengan afterburner.***

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x