TNI AU dan US PACAF Gelar Latihan Gabungan Bomber Exercise di Atas Laut Sulawesi

- 2 September 2021, 15:12 WIB
TNI Angkatan Udara dan United State of Pacific Air Force (US PACAF) menggelar latihan gabungan bertitel 'Bomber Exercise' di atas Laut Sulawesi.
TNI Angkatan Udara dan United State of Pacific Air Force (US PACAF) menggelar latihan gabungan bertitel 'Bomber Exercise' di atas Laut Sulawesi. /Foto: Dispen TNI AU/

BERITA SUBANG - Dengan mengandalkan sejumlah alutsista pesawat angkatan udara, baik pesawat pembom (bomber), pesawat tempur dan pesawat intai.

TNI Angkatan Udara dan United State of Pacific Air Force (US PACAF) menggelar latihan gabungan bertitel 'Bomber Exercise' di atas Laut Sulawesi, pada Rabu 1 September 2021.

Pada latihan tersebut TNI AU mengedepankan dua pesawat tempur F 16 dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Madiun dan satu Pesawat Boeing 737 Intai dari Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar.

Sedangkan US PACAF menurunkan dua pesawat pembom jenis B 52 dari 2nd Bomb Wing dari Barksdale Air Force Base, Louisiana, Amerika Serikat.

Baca Juga: Empat Pesawat TNI AU Bantu Pencarian Bangkai Pesawat Sriwijaya Melalui Udara

Penerbangan ini adalah penerbangan integrasi kali pertama dalam catatan sejarah yang melibatkan pesawat andalan milik masing-masing kedua negara.

Ada dua skenario yang diselenggarakan dalam Latihan Bomber Exercise ini yaitu Command and Control (C2) oleh Kosekhanudnas II Makassar dengan melibatkan Satuan Radar 225 Tarakan, 224 Kwandang, serta pelaksanaan latihan Escort oleh dua Pesawat F-16.

Latihan gabungan ini secara rutin digelar setiap tahun ini, selain bertujuan mempererat hubungan kerjasama antara TNI AU dengan US PACAF, juga untuk saling bertukar pengalaman dan kemampuan dalam menjalankan misi operasi udara.***

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah