Menlu Retno: Pemerintah RI Evakuasi 26 Warga Indonesia Dari Kabul, 5 Warga Filipina, dan 2 Warga Afghanistan

- 21 Agustus 2021, 00:04 WIB
Menlu Retno Marsudi saat Konpers menyambut kedatangan vaksin Moderna
Menlu Retno Marsudi saat Konpers menyambut kedatangan vaksin Moderna /Foto: Setpres/

BERITA SUBANG - Sebanyak 26 Warga Negara Indonesia telah dievakuasi dari Kota Kabul sejak krisis keamanan, setelah ibukota negara Afghanistan itu dikuasai pasukan militan Taliban sejak Minggu 15 Agustus 2021 lalu.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam keterangannya di akun twitter resminya mengatakan pemerintah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul dengan pesawat TNI Angkatan Udara.

"Alhamdullilah, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat TNI AU," tulis Retno seperti dikutip dalam twitternya, Jakarta, Jumat 20 Agustus 2021.

Sejak Retno menulis di akun media sosial twitternya menyebutkan bahwa Pesawat TNI AU yang mengangkat 26 WNI dari Kabul, saat itu sudah berada di Islamabad untuk melanjutkan penerbangan ke Indonesia.

Baca Juga: Indonesia Capai Kesepakatan Dagang Rp 20 Triliun dengan China Setelah Kunjungan Mendag, Menneg BUMN dan Menlu

Namun, kata dia tim evakuasi selain membawa 26 WNI termasuk didalamnya staf Kedutaan Besar RI di Afghanistan, juga mengangkut 5 Warga Negara Filipina dan 2 Warga Negara Afghanistan.

"Tim evakuasi membawa 26 WNI termasuk staff KBRI, 5 WN Filipina, dan 2 WN Afghanistan (suami dari WNI dan staff lokal KBRI)," tuturnya.

Meski demikian Retno dalam cuitannya berjanji bahwa diplomasi Indonesia terus bekerja di setiap waktu, di setiap jaman, di setiap tantangan agar dapat terus berkontribusi bagi kepentingan nasional, perdamaian dan kesejahteraan dunia dan agar tetap relevan.

Baca Juga: Kemendagri dan Kemenlu Lakukan Pendataan dan Layanan Adminduk di 130 Perwakilan RI di Luar Negeri

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x