Vaksinasi Individu Berbayar, Bio Farma: Publik Harus Mendapat Akses Atas Vaksin Covid-19

- 12 Juli 2021, 13:54 WIB
Ilustrasi uji klinis laboratorium
Ilustrasi uji klinis laboratorium /Screenshot biofarma.co.id/

BERITA SUBANG - Corporate Secretary PT Bio Farma Tbk Bambang Heriyanto menyebutkan bahwa vaksinasi individu berbayar merupakan sebuah opsi bagi publik dalam mengakses vaksin Covid-19.

Adapun vaksinasi individu berbayar perorang dikenakan biaya sebesar Rp879.140, untuk dua kali suntik dosis, dengan harga pembelian vaksin per dosis sebesar Rp321.660 dan tarif maksimal pelayanan vaksinasi sebesar Rp117.910, jadi harga perdosis vaksin kepada penerima manfaat seharga Rp.439.570 perdosis untuk individu.

"Karena itu publik harus mendapat akses seluas-luasnya atas vaksin Covid-19. Dengan vaksinasi gotong royong individu ini, masyarakat memperoleh kesempatan cara mendapatkannya," tutur Bambang Heriyanto dalam keterangannya, Jakarta, Senin, 12 Juli 2021.

Bahkan, penyelenggara vaksinasi gotong royong ini pun kata dia terbuka bagi siapa pun atau pihak manapun yang hendak melaksanakannya dengan catatan ia memiliki persyaratan sebagai fasyankes vaksinasi.

"Dengan demikian harapan Pemerintah untuk mempercepat vaksinasi dapat terwujud,” ujar Bambang.

Sementara itu, Plt. Direktur Utama KFD Agus Chandra mengatakan bahwa sejak awal, vaksinasi gotong royong menggunakan jenis vaksin yang berbeda dengan vaksinasi program pemerintah. Untuk vaksinasi gotong royong vaksin yang digunakan adalah Sinopharm.

Sedangkan vaksin Program Pemerintah yang disediakan untuk masyarakat menggunakan Sinovac dan Astra Zeneca. Sementara harga vaksinasi gotong royong Individu sama dengan vaksinasi ke perusahaan sesuai Kepmenkes Nomor HK.01.07/MENKES/4643/2021 tentang Penetapan Besaran Harga Pembelian Vaksin Produksi Sinopharm Melalui Penunjukan PT Bio Farma (Persero) dalam pelaksanaan pengadaan vaksin Covid-19 dan tarif maksimal pelayanan untuk pelaksanaan vaksin gotong royong.

"Jenis vaksin untuk Vaksinasi Program berbeda dengan vaksin untuk vaksinasi gotong royong. Kami memastikan hal itu tidak akan mengganggu vaksinasi program yang biayanya ditanggung oleh pemerintah," tuturnya.

Lanjut dia, sedangkan harga vaksin untuk vaksinasi gotong royong untuk Individu sama dengan harga vaksin untuk perusahaan yang sudah ditetapkan oleh Kemenkes, termasuk tarif layanan penyuntikannya.

Halaman:

Editor: Edward Panggabean


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x