Di Situbondo, Jawa Timur, Marinir Indonesia dan Amerika Serikat Latihan Perang Kota, Bersandi Reconex 21-II

- 5 Juni 2021, 18:56 WIB
Penampakan pasukan Marinir dari Amerika Serikat bersama TNI AL dalam kegiatan latihan perang kota di Situbondo, Jawa Timur, Sabtu 5 Juni 2021.
Penampakan pasukan Marinir dari Amerika Serikat bersama TNI AL dalam kegiatan latihan perang kota di Situbondo, Jawa Timur, Sabtu 5 Juni 2021. /ANTARA/HO-Dispen Kormar/Serma Mar Kuwadi/

BERITA SUBANG - Ada latihan perang bersama antara marinir dari Republik Indonesia dan Amerika Serikat di Kabupaten Sitobondo, Jawa Timur Sabtu, 5 Maret 2021.

Dari pihak Indonesia, marinir yang dilibatkan adalah Korps Marinir 5 Baluran yang melakukan latihan perang bersama dengan Marinir Amerika Serikat. Latihan perang tersebut bersandi Reconex 21-II.

Komandan Satgas Latihan Letkol Marinir Supriyono, seperti dikutip ANTARA menjelaskan bahwa latihan perang kota tersebut merupakan salah satu materi dalam latihan bersama dengan Marinir Amerika Serikat.

"Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknik dan taktik prajurit Intai Amfibi Korps Marinir dalam melaksanakan taktik unit kecil dan perang kota," kata Letkol Marinir Supriyono seperti dikutip Antara Sabtu.

Baca Juga: Perahu KM Barokah Jaya Terbalik di Perairan Subang, 1 Orang Hilang

Taktik perang kota

Ia menambahkan materi yang dilatih bersama meliputi taktik perang kota, seperti pemantapan latihan tanda-tanda visual dalam sebuah patroli, teknik melintasi bangunan, dan teknik penyerangan di permukiman dan kota.

Latihan perang bersama kali ini adalah untuk melihat bagaimana efektifitas taktik dan teknik yang digunakan marinir dari kedua negara ini apabila terjadi pertempuran, atau konflik bersenjata di permukiman.

Sekaligus, latihan perang bersama antara TNI AL dan Marinir Amerika Serikat mempelajari cara penyelesaiannya.

Halaman:

Editor: Muhamad Al Azhari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah