Bansos Senilai Rp300 Ribu Diperpanjang Hingga Juni 2021, Ini Cara Mengeceknya

- 18 Mei 2021, 14:20 WIB
Siswa SD, bisa dapat bansos tunai PKH . Untuk mengetahui penerimanya segera cek di situs Kemensos.go.id.
Siswa SD, bisa dapat bansos tunai PKH . Untuk mengetahui penerimanya segera cek di situs Kemensos.go.id. /ANTARA/IDHAD ZAKARIA

BERITA SUBANG -Pemerintah memperpanjang pemberian Bantuan Sosial Tunai (BST) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang disalurkan melalui Kementerian Sosial (Kemensos) hingga Juni 2021.

Mulanya, BLT Kemensos tersebut hanya diberikan sampai dengan April 2021. Namun akan ada penambahan alokasi penyaluran dua bulan yaitu Mei-Juni dengan indeks bantuan Rp300 ribu per bulan.

Mengutip keterangan resmi Kementerian PMK, Kemensos bakal menyiapkan proses penyaluran bantuan, sehingga bisa segera disosialisasikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

BLT Kemensos merupakan salah satu bentuk bantuan selama pandemi covid-19. Jumlah penerima bantuan ini mencapai 10 juta KPM, dengan alokasi anggaran pada periode Januari hingga April 2021 sebesar Rp12 triliun.

Baca Juga: Pengamat Nilai Ada Dua Arti di Balik Pernyataan Jokowi Terkait 75 Pegawai KPK yang Tak Lolos TWK

Hingga Senin 17 Mei 2021, realisasi anggaran BLT Kemensos sebesar Rp11,81 triliun atau 98,39 persen dari pagu Rp12 triliun.

Selanjutnya, penerima bantuan dapat dicek melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy telah memperjelas bahwa akan ada penambahan kuota penerima BST yang akan dicairkan pada bulan Mei dan Juni 2021.

Berikut cara lengkap cek penerima BST Rp300 ribu per KK melalui cekbansos.kemensos.go.id:

Halaman:

Editor: Tommy MI Pardede


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x